Selasa, 28 Maret 2017

breaking-news Indeks Kepercayaan Konsumen AS melonjak ke 125.6 di bulan Maret, melampaui estimasi 114.0

world-economy  World Economy

Bank Sentral China Persiapkan Jaring Pengaman Simpanan Bank

Kamis, 30 Oktober 2014 14:48 WIB
Dibaca 553

Monexnews - Ancaman bangkrut membayangi bank-bank asal China. Indikasi ini terlihat dari meningkatnya jumlah lembaga pendanaan yang gulung tikar karena gagal membayar hutang.

Di tengah penilaian negatif yang dilontarkan oleh pelaku keuangan, pemerintah China menegaskan bawa sistem perbankan aman-aman saja meskipun sudah ada bank skala kecil menengah yang bangkrut. "Terkadang gagal bayar hutang hutang itu adalah sesuatu yang wajar. Justru ini akan membuat pelaku industri keuangan menjadi lebih waspada," ujar Wakil Kepala Bank Sentral China, Yi Gang dalam sebuah forum seperti dikutip oleh portal berita Sina.com. Statement petinggi People's Bank of China itu terlontar setelah banyak pihak merasa khawatir dengan sistem perbankan China yang dianggap terlalu longgar. Rasio bad loan atau hutang berkualitas buruk meningkat, sedangkan di saat yang sama perusahaan-perusahaan penyokong dana bagi pemerintah daerah menghadapi beban hutang yang cukup besar.

Untuk meredam risiko di sektor kredit, pemerintah rencananya akan membuat skema penjamin simpanan. Jaring pengaman ini dibuat agar para deposan merasa tenang atas keamanan dananya di bank. "Jaminan simpanan juga wujud antisipasi China terhadap kemungkinan bangkrut yang biasanya dialami oleh bank-bank skala kecil," tambah Yi Gang. Namun demikian, ia belum mengutarakan waktu kepastian diterbitkannya aturan tersebut.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar