Minggu, 24 September 2017

world-economy  World Economy

Bank Sentral Korea Pangkas Suku Bunga Untuk Pertama Kalinya Sejak 2013

Kamis, 14 Agustus 2014 9:50 WIB
Dibaca 528

Monexnews -

Bank sentral Korea Selatan memangkas suku bunga acuan mereka untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun, mereka mempertaruhkan kebijakan tersebut dalam upaya mengurangi utang rumah tangga sebagai pendukung upaya pemerintah untuk memacu pertumbuhan negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke empat di Asia tersebut.

Gubernur Lee Ju Yeol dan para jajarannya menurunkan suku bunga menjadi 2.25% dari 2.5%, kata Bank of Korea dalam pernyataanya di Seoul pada hari ini. Sebanyak empat belas dari 18 ekonom yang di survei oleh Bloomberg perkirakan langkah tersebut, dengan sisanya melihat tidak adanya perubahan.

Presiden Park Geun Hye pada bulan lalu umumkan langkah-langkah stimulus sebesar 11.7 triliun won ($11.3 milyar) untuk memacu pasar properti yang stagnan dan meningkatkan pertumbuhan yang melambat pada kuartal lalu ke level terlemahnya dalam lebih dari setahun. Selain karena inflasi yang berada di bawah target bank sentral yang berikan ruang untuk mereka bertindak, biaya pinjaman yang lebih rendah dapat mendorong sektor rumah tangga untuk menambah utang yang berada di level 135% dari pendapatan mereka pada akhir tahun 2013 lalu.

"BOK gabungkan paket untuk maksimalkan dampak dari stimulus," kata Park Chong Hoon, kepala riset di Standard Chartered Plc di Seoul, sebelum di rilisnya pernyataan tersebut. "Para pembuat kebijakan melakukan segalanya untuk mendorong orang menghabiskan uang lebih banyak dengan percaya bahwa utang rumah tangga tidak akan menimbulkan resiko sistemik dalam waktu dekat."

Bank sentral pada bulan lalu memangkas perkiraan pertumbuhan pada tahun ini menjadi 3.8%, mengutip dari permintaan domestik yang lebih lemah dari perkiraan setelah kejadian ferry yang mematikan di bulan April, yang mendorong konsumen dan pebisnis untuk mengurangi belanja pada saat berkabung. Ekspansi ekonomi melambat menjadi 0.6% di kuartal kedua dari tiga bulan sebelumnya.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar