Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Bank Sentral Rusia Belum Punya Alasan Ubah Suku Bunga

Rabu, 28 Januari 2015 16:29 WIB
Dibaca 762

Monexnews - Bank of Russia dijadwalkan menggelar pertemuan rutinnya pada hari Jumat mendatang (30/01). Pelaku pasar keuangan dan ahli ekonomi memperkirakan suku bunga acuan dipertahankan pada levelnya saat ini, khususnya setelah perubahan besar-besaran pada meeting sebelumnya. 

Bank Sentral Rusia menggelar pertemuan di saat inflasi konsumen masih melaju hingga double-digit. Harga-harga produk konsumen diprediksi belum akan turun sebelum kuartal II 2014 sehingga bank sentral terpaksa menahan sabuk moneternya. Kecil kemungkinan ada kejutan baru seperti kenaikan suku bunga 'ekstrim' seperti akhir tahun lalu. Meski tingkat bunga tergolong sangat tinggi, mencapai 17%, belum ada alasan untuk menurunkannya saat ini.

Kemarin agensi kredit Standard & Poor's (S&P) menurunkan penilaian kreditnya untuk Rusia menjadi 'junk' atau sampah. Dengan kata lain, segala aset yang berasal dari negara ini tidak lagi memiliki daya tarik sama sekali dari kacamata investasi.

Kombinasi antara embargo ekonomi blok barat dan tren penurunan harga minyak dunia turut mempersempit ruang bisnis peusahaan swasta. Banyak perusahaan yang mulai kehabisan uang kas akibat tren perlambatan ekonomi dan instabilitas mata uang Ruble. Apabila tidak ada solusi dari pemerintah, dalam waktu dekat diprediksi akan banyak pelaku bisnis yang gulung tikar. Di saat yang sama, depresiasi mata uang Ruble memaksa pemerintah Rusia mengambil kebijakan tidak populer berupa penetapan suku bunga tinggi, dari level 10,5% menjadi 17% di akhir tahun lalu. Performa harga minyak yang buruk telah menjatuhkan nilai mata uang Rusia sampai 40% sepanjang tahun 2014.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar