Kamis, 23 Maret 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris bulan Februari 1.4% vs -0.5% bulan Januari, dari estimasi 0.4%.

world-economy  World Economy

Bank Sentral Rusia Tolak Mentah-mentah Wacana QE

Selasa, 7 April 2015 16:24 WIB
Dibaca 1617

Monexnews - Walaupun perekonomiannya sedang terpuruk, Bank of Russia menolak usulan pelonggaran moneter ala quantitative easing (QE) seperti yang diberlakukan oleh Amerika Serikat (AS). Bank sentral yakin kalau pertumbuhan dan sistem perbankan bisa normal hanya dengan kebijakan suku bunga.

Menurut Kepala Bank of Russia, Elvira Nabiullina, QE tidak relevan diterapkan di negaranya karena rentan memicu inflasi dan memancing dana keluar dari sistem keuangan. Jawabannya itu merupakan respon terhadap saran Asosiasi Perbankan Rusia, yang menginginkan pemerintah meluncurkan QE untuk mengatasi permasalahan ekonomi.

Nabiullina bersikukuh kalau kenaikan suku bunga secara drastis akhir tahun lalu mampu menolong nilai tukar Ruble. Berkat terlewatinya musim pembayaran hutang luar negeri dan stabilitas harga minyak, kinerja valuta domestik semakin membaik. Ia juga berkeyakinan tidak akan ada guncangan di pasar uang seperti yang pernah terjadi tahun lalu.

Kombinasi antara embargo ekonomi blok barat dan tren penurunan harga minyak dunia telah menghancurkan ekonomi Rusia. Di saat yang sama, depresiasi mata uang Ruble memaksa pemerintah Rusia mengambil kebijakan tidak populer berupa penetapan suku bunga tinggi, dari level 10,5% menjadi 17% di akhir tahun lalu meski akhirnya diturunkan lagi mulai awal 2015. Sementara performa harga minyak yang buruk telah menjatuhkan nilai mata uang Rusia sampai 40% sepanjang tahun 2014.

Kepala bank sentral optimis pertumbuhan ekonomi akan dimotori oleh pos perdagangan antar negara. Sementara laju impor masih lemah pasca depresiasi besar-besaran Ruble tahun lalu. Nabiullina optimis aktivitas konsumsi dan investasi mulai bangkit di paruh ke-dua 2016 mendatang. Hingga saat itu tiba, sistem perbankan dipersiapkan untuk tahan dari guncangan akibat dinamika kebijakan yang terjadi di luar negeri namun tanpa adanya QE. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar