Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Bank Yunani Dibuka, Penarikan Masih Dibatasi 60 Euro

Senin, 20 Juli 2015 11:45 WIB
Dibaca 2302

Monexnews - Untuk pertama kalinya dalam 3 pekan terakhir, bank-bank Yunani akan mulai beroperasi kembali per Senin 20 Juli 2015. Berita ini merupakan kabar baik meskipun jumlah peredaran uang di bank masih akan dibatasi.

Bulan lalu, bank-bank Yunani diinstruksikan tutup oleh pemerintah guna mengantisipasi penarikan tunai secara besar-besaran. Pengambilan tunai di ATM pun sangat dibatasi dengan transaksi maksimal hanya 60 Euro atau Rp860 ribu per nasabah.

Kebijakan yang sama masih akan berlaku hari ini namun bedanya, warga Yunani juga sudah bisa melakukan transaksi lainnya secara langsung di bank. Bagi nasabah yang malas antri di ATM atau bank hanya untuk mengambil 60 Euro per hari, maka mereka bisa melakukan akumulasi penarikan misalnya sepekan sekali untuk mendapat 420 Euro (penarikan maksimal per minggu). Otoritas perbankan meminta bank-bank buka kembali hari ini karena sudah ada jaminan adanya dana darurat dari Bank Sentral Eropa senilai 900 juta Euro ahri Kamis pekan lalu. Dengan demikian maka bank-bank tidak akan kehabisan likuiditas meski kasnya dikuras oleh nasabah.

Resolusi krisis Yunani sesungguhnya tinggal sedikit lagi tercapai. Negosiasi formal tentang bailout 86 miliar Euro sekarang bisa dimulai setelah sejumlah parlemen negara-negara zona Euro, termasuk Jerman, merestui kucuran dana talangan untuk koleganya itu. Kata mufakat soal dana penyelamatan ke-3 Yunani diteken pekan lalu walau rinciannya masih harus dibicarakan lagi.

Eropa memberikan Yunani pinjaman dari koceknya sendiri senilai 7 miliar Euro supaya negara ini bisa membayar tagihan hutang-hutangnya. Namun uang sebesar itu tidak akan bertahan lama karena dalam beberapa pekan ke depan ada hutang-hutang lain yang jatuh tempo. Jadi, Yunani dan Uni Eropa dituntut untuk segera menerjemahkan poin-poin kesepakatan tadi ke dalam dokumen formal. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar