Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Basis Pertumbuhan Ekonomi Saat Ini lebih Kuat Dibandingkan 2008

Jumat, 6 September 2013 16:25 WIB
Dibaca 367

Monexnews - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan serendah proyeksi Dana Moneter Internasional (IMF). Ia beralasan, hal tersebut disebabkan basis pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini lebih kuat jika dibandingkan tahun 2008. “Kalau keseluruhan tahun (proyeksi IMF) 5,25 persen, berarti semester kedua pertumbuhan 4,5 persen, itu mirip kondisi 2008. Tapi pada 2008, basis pertumbuhan konsumsi kita belum sekuat sekarang dan investasinya belum setinggi sekarang,” ujarnya, di Jakarta (5/9).

Bambang optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan mencapai kisaran 5,9 persen – 6,0 persen, karena basis pertumbuhan konsumsi dan investasi lebih baik dibandingkan lima tahun lalu, ketika krisis 2008 terjadi. “Kita ada tantangan untuk mengupayakan 5,9 persen. Angka 4,5 persen di semester kedua seperti 2008, dengan asumsi pertumbuhan konsumsi turun, padahal sekarang konsumsi basisnya lebih kuat,” kata Bambang.

Sebelumnya diberitakan media bahwa IMF memperkirakan perekonomian Indonesia hanya tumbuh 5,25 persen pada 2013, atau turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 6,3 persen. Hal ini terjadi seiring dengan penurunan ekspor dan lemahnya kepercayaan investor. Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada semester I-2013 sebesar 5,92 persen, kondisi tersebut membuat pemerintah menurunkan proyeksi pertumbuhan hingga akhir tahun menjadi 5,9 persen atau lebih rendah dari asumsi dalam APBN-Perubahan 2013. (nic)

sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar