Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Batu Sandungan AS Selanjutnya Paska Fiscal Cliff

Kamis, 3 Januari 2013 18:15 WIB
Dibaca 757

Monexnews -

Presiden Barack Obama dan Kongress Republik akan dihadapkan pada masalah anggaran AS dalam dua bulan kedepan setelah kesepakatan fiscal cliff yang berhasil diraih dengan susah payah untuk menghindari kenaikan pajak terlampau tajam dan pemotongan anggaran belanja AS.

Perjanjian yang disetujui di menit akhir oleh DPR yang dikuasai oleh Republik AS dan akhirnya ditandatangani oleh Obama di hari Rabu dianggap kemenangan bagi Presiden yang memenangkan pemilu di bulan November dan berjanji untuk mengatasi kekacauan anggaran.

Bagaimanapun kesepakatan pemotongan anggaran belanja AS serta kenaikan plafon utang AS berpotensi untuk menghadapi kesulitan negosiasi seperti halnya masalah fiscal cliff sebelumnya. Republik sendiri yang merasa kurang puas dengan kesepakatan fiscal cliff berjanji untuk memanfaatkan debat plafon utang agar dapat menekan pemerintah melakukan pemotongan anggaran belanja yang tinggi pada negosiasi berikutnya.

Para investor juga cukup khawatir dengan hubungan yang memburuk antara pemimpin dari kedua partai, yakni antara pimpinan DPR John Boehner dan Obama serta teguran keras dari Boehner pada pimpinan mayoritas Senat Harry Reid di White House yang sempat menyatakan “Go Fuck Yourself” setelah Demokrat menuduh Boehner menjadi dictator di legislative DPR.

Selanjutnya drama politik ini masih berlanjut ketika Kongress dan White House harus menyelesaikan masalah anggaran serta plafon utang yang sudah mencapai ambang batas $16 trilyun dengan tenggat waktu hingga February untuk menaikkan plafon utang tersebut atau pemerintah AS akan terkena default dan berisiko mengalami downgrade rating kredit seperti yang terjadi sebelumnya di tahun 2011.

Lembaga pemeringkat Moody’s Investor Service dan Standard & Poor’s berkomentar bahwa kebijakan fiscal cliff yang baru saja diraih belum menjadikan anggaran AS pada posisi yang lebih stabil, sementara IMF menyatakan bahwa kenaikan plafon utang AS akan menjadi langkah yang krusial pada fase ini. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar