Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Belanja Konsumen Menopang GDP Q3 Inggris

Rabu, 27 November 2013 17:26 WIB
Dibaca 440

Monexnews - Pertumbuhan ekonomi Inggris pada kuartal ke-3 tahun ini didorong oleh kenaikan terpesat belanja rumah tangga dalam lebih dari 3-tahun, yang hanya mengimbangi sebagian penurunan tajam dalam ekspor. Sebuah temuan yang beresiko memperburuk kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi hanya akan berlangsung terbatas.

Laporan Office for National Statistics hari Rabu mengkonfirmasi pertumbuhan ekonomi Inggris sebesar 0,8% pada kuartal ke-3, dengan kontribusi terbesar datang dari belanja konsumen. Konsumen telah meningkatkan pengeluaran sebesar 0,8% sepanjang periode Juli-September, yang melengkapi fase kenaikan untuk 8 kuartal beruntun dan merupakan yang tercepat dalam lebih dari 3-tahun.

Namun detail dari laporan ONS menunjukkan ekspor Inggris mencatat penurunan 2,4% pada kuartal ke-3. Yang jika dikombinasikan dengan kenaikan impor, akan menggerus sekitar 0,9% dari tingkat pertumbuhan ekonomi.

Dengan pendapatan rumah tangga yang terus menurun secara riil, akibat tertinggalnya pertumbuhan upah oleh laju inflasi sejak krisis keuangan, membuat sejumlah pembuat kebijakan Bank of England mengkhawatirkan keberlanjutan pemulihan ekonomi yang bergantung pada belanja konsumen ini.

Hal itulah yang nampaknya menjadi alasan BoE untuk berkomitmen tidak akan memperketat kebijakan sampai periode pemulihan terlihat berkelanjutan, meskipun performa ekonomi sejak awal tahun ini telah menghantarkan Inggris sebagai salah satu negara maju dengan perkembangan terpesat.

Bagaimanapun, GDP Inggris saat ini masih berada 2,5% di bawah level puncak pra-resesi pada awal tahun 2008. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar