Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Bendung Pelemahan Kurs, Bank Sentral India Naikkan Suku Bunga

Selasa, 28 Januari 2014 13:42 WIB
Dibaca 355

Monexnews - Reserve Bank of India hari ini menaikkan suku bunga dari 7.75% menjadi 8.00%. Keputusan bank sentral tersebut diambil di tengah trend pelemahan mata uang domestik terhadap valuta-valuta utama dunia. 

Bursa saham India langsung anjlok 0.7% setelah sempat menguat secara marjinal. Sementara kurs Rupee melemah 63.12 dari 63.02 per Dollar, terimbas oleh reaksi spontan pasar terhadap kebijakan bank sentral. Beberapa saat sebelumnya, sebagian besar pelaku pasar meprediksi otoritas tetap menahan suku bunga untuk sementara waktu.

RBI dalam pernyataannya menyebut kenaikan suku bunga akan membantu pencapaian target inflasi konsumen. Namun pelemahan di pasar modal dan ekspektasi pengetatan pasar kredit rawan menggerogoti pertumbuhan ekonomi sekaligus memperlemah nilai tukar Rupee ke 63.69 per Dollar, level resistance teknikal bagi USD/INR.

Trend penurunan kurs mata uang negara berkembang (emerging economies) memang mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan bank sentral beberapa negara. Otoritas moneter Turki bahkan berencana menggelar rapat darurat untuk membahas kinerja kurs Lira pada hari ini (Selasa 28/01).
Aksi jual mata uang negara emerging melanda pasar forex sejak pekan lalu. Selain Peso Argentina dan Rupee India, valuta Lira Turki merupakan salah satu aset yang terpukul oleh optimisme ekonomi di negara maju.

Rapat darurat yang diadakan hari ini akan berlangsung tepat satu pekan setelah bank sentral menahan suku bunga di level 7.75%. "Sesi pertemuan akan membahas soal perkembangan terbaru dan kebijakan untuk menstabilkan harga," demikian pernyataan resmi bank sentral. Terbuka peluang kenaikan suku bunga untuk membendung depresiasi Lira, seperti halnya yang dilakukan oleh Bank Sentral India.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar