Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Berbekal $60 Miliar, Bank Sentral Brazil Luncurkan Operasi Pasar Uang

Jumat, 23 Agustus 2013 16:23 WIB
Dibaca 692

Monexnews - Bank Sentral Brazil dilaporkan menggelontorkan $60 miliar untuk meng-intervensi pasar uang mulai hari ini. Dana sebanyak itu dipakai demi melindungi mata uang Real, yang nilai tukarnya terus melemah terhadap Dollar sejak Desember 2008.

Di bawah program partisipasi pasar uang itu, bank sentral akan menjual $3 miliar di pasar spot dan swap mata uang setiap pekannya sampai dengan akhir tahun 2013. Pada sesi perdagangan hari ini nilai tukar Real melemah 0.2% terhadap Dollar ke posisi 0.4097 (data Factset).

Sebagian mata uang emerging markets memang cenderung melemah, khususnya selama tiga bulan terakhir. Intervensi di pasar uang memang kerap menjadi senjata ampuh untuk memerangi depresiasi valuta domestik pada suatu periode tertentu. Hal itu juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun lalu guna melindungi kurs Rupiah. Sayangnya, cadangan devisa yang berperan sebagai sumber dana intervensi pasar uang terus menipis sehingga Bank Indonesia dipaksa mengambil kebijakan lain. Terlebih lagi inflasi RI kini tercatat pada level 8.61% pada Juli lalu atau bergerak dalam laju tercepatnya dalam empat setengah tahun terakhir. Bank sentral telah bereaksi dengan menaikkan suku bunga sebanyak total 75 basis poin menjadi 6.5% dalam pertemuan bulan Juni dan Juli. Bank Indonesia menjadi otoritas pertama di Asia yang berani melakukan itu sejak bulan Juni 2011.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar