Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Berharta Rp781 miliar, Eks-bos Hewlett Packard Jadi Capres Terkaya AS

Kamis, 4 Juni 2015 11:29 WIB
Dibaca 2437

Monexnews - Partai Republik Amerika Serikat (AS) mulai membuka seleksi untuk calon presiden yang akan maju dalam pemilu tahun 2016. Berdasarkan laporan kekayaan yang diterima oleh pemerintah, Carly Fiorina menjadi kandidat paling makmur dibandingkan pesaing lainnya dari Partai Republik dan Demokrat dengan estimasi harta mencapai $59 juta atau Rp781 miliar.

Carly Fiorina adalah mantan chief executive Hewlett-Packard, salah satu perusahaan komputer terbesar di Amerika Serikat. Sebagai persyaratan untuk maju sebagai kandidat presiden, ia diwajibkan melapor kekayaan kepada pemerintah, mulai dari pendapatan pribadi hingga data rinci tentang seluruh hartanya. Menurut pembayaran pajak tahun 2013, Fiorina dan suaminya meraup penghasilan hampir $2 juta per tahun dan atau meningkat dibandingkan pendapatan tahun 2012 yang sebesar $1,3 juta. Selama dua tahun itu, mereka membayar pajak efektif 30% dan menyumbangkan 14% penghasilannya untuk sumbangan sosial.

Portofolio terbesar dalam harta Fiorina adalah aset-aset properti, termasuk rumah mewahnya di wilayah Lorton yang bernilai $6,6 juta. Fiorina juga mengakui kalau sejak awal 2014 lalu, ia berhasil mengumpulkan uang $786.000 dari honornya sebagai pembicara di berbagai forum. Mantan pebisnis ini dijadwalkan masih mempunyai dua agenda ceramah lagi tahun ini yakni di forum AT&T di Dallas dan Young Presidents’ Organization di Kissimmee, dengan tarif masing-masing $48.000. Fiorina sendiri adalah sosok tidak asing di kalangan pelaku bisnis karena pernah menjabat CEO Hewlett-Packard selama 6 tahun sebelum akhirnya didepak pada 2005. Sejak itu, ia mengabdi sebagai direksi di beberapa perusahaan, termasuk lembaga nirlaba seperti Good360 dan Opportunity International.

Harta kekayaan keluarga Fiorina lebih besar dibandingkan aset yang dimiliki oleh keluarga rivalnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Kekayaan keluarga Clinton dikabarkan berkisar di $11,3 juta hingga $52,7 juta sejak bulan Januari 2014 sampai sekarang. Mereka juga mampu mengumpulkan lebih dari $30 juta selama periode itu. Sayangnya Hillary dalam laporan hartanya tidak tercantum dua properti yang ia dan suaminya beli selepas meninggalkan Gedung Putih. Adapun estimasi harga rumahnya di Chappaqua, New York senilai $1,7 juta dan rumah lainnya di Washington, D.C., sekitar $2,85 juta.

Sejauh ini baru 3 orang kandidat presiden yang melaporkan nilai hartanya. Selain Fiorina, sebelumnya senator Republikan, Marco Rubio dan Hillary Clinton sudah mengirimkan dokumen laporannya ke otoritas terkait. Satu kandidat Republikan lainnya, Ben Carson, dijadwalkan melaporkan hartanya hari Kamis waktu Amerika. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar