Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Berkat Perancis & Italia, GDP Zona Euro Mampu Berakselerasi

Rabu, 13 Mei 2015 16:39 WIB
Dibaca 5964

Monexnews - Kembali berekspansinya ekonomi Perancis dan Italia telah membantu mendorong GDP zona Euro dalam 3 bulan pertama tahun 2015, yang mencatat laju pertumbuhan tercepat dalam hampir 2 tahun. Untuk pertama kalinya sejak semester pertama tahun 2010, ke-4 ekonomi utama di zona Euro sama-sama mencatat pertumbuhan. Dan untuk pertama kalinya sejak kuartal pertama 2011, perekonomian blok mata uang ini berhasil tumbuh lebih cepat dibandingkan AS dan Inggris

Kombinasi dari pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih merata berpotensi menjadikan tahun 2015 sebagai tahun menentukan bagi zona Euro yang terus berupaya pulih dari krisis utang. Hal itu juga didukung oleh beberapa faktor seperti stimulus baru dari European central Bank, depresiasi Euro, kejatuhan harga minyak dunia dan tanda-tanda mulai meningkatnya kredit perbankan setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.

Laporan Eurostat hari Rabu menunjukkan GDP dari 19 negara pengguna mata uang Euro meningkat 0,4% pada kuartal pertama tahun ini, dibandingkan 0,3% pada 3 bulan terakhir tahun 2014. Angka tersebut sedikit lebih rendah dari estimasi kenaikan 0,5%. Untuk basis tahunan, ekonomi zona Euro tumbuh 1,6% lebih tinggi.

Namun para pembuat kebijakan secara terbuka masih mengkhawatirkan kemungkinan pemulihan tidak akan berkelanjutan, mengingat tingkat pengangguran yang masih tinggi, beban hutang pemerintah dan perusahaan yang besar, masalah sistem perbankan dan belanja investasi yang lemah. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar