Selasa, 23 Mei 2017

world-economy  World Economy

Bernanke: Stimulus Masih Terus Dijalankan

Kamis, 6 Juni 2013 12:20 WIB
Dibaca 458

Monexnews - Hari ini mayoritas lantai bursa di Asia kembali terkoreksi akibat berlanjutnya aksi jual para investor seiring terus merebaknya kekhawatiran terhadap spekulasi bahwa Federal Reserve Amerika (the Fed) akan mengurangi pasokan stimulus moneter ke dalam perekonomian.

Laporan ekonomi yang mengecewakan hingga sesi Rabu kemarin, menyebabkan kalangan investor di Amerika (AS) terus menebak-nebak kapan the Fed akan mulai mengurangi program pembelian obligasinya. Pertumbuhan lapangan kerja sektor swasta Amerika yang di rilis semalam, muncul lebih rendah dari ekspektasi. Angka ADP National Employment menunjukkan sektor swasta AS hanya menciptakan 135.000 tenaga kerja di bulan Mei, lebih rendah dari perkiraan 165.000. Laporan tersebut langsung menghembuskan kembali kekhawatiran terhadap kondisi ekonomi AS.

Data sebelumnya juga menunjukkan angka defisit perdagangan bulan April 2013 membengkak hingga US$ 40,3 miliar, dari sebelumnya US$ 3,2 miliar di bulan Maret. Buruknya angka itu mencerminkan bahwa perdagangan luar negeri tidak akan kuat mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun 2013 ini.

Selain itu, aktivitas manufaktur AS bulan Mei yang di kalkulasi oleh ISM mengalami kontraksi cukup tajam hingga ke bawah level 50. Angka manufaktur tersebut menyusut hingga 49.0 dari sebelumnya 50.7 dan di bawah ekspektasi pasar yang memprediksi 50.5. Asal tahu saja, angka indeks di bawah level 50, mengindikasi adanya penyusutan atau kontraksi di sektor itu dibanding ekspansi.  

Maka bila mengacu pada lemahnya pondasi ekonomi tersebut, nampak bahwa stimulus masih diperlukan guna menopang pemulihan. Hal senada juga telah disampaikan dalam pernyataan resmi terakhirnya dari Pimpinan the Fed – Ben Bernanke yang menegaskan bahwa program stimulus moneter dengan membeli surat-surat utang masih akan terus dijalankan bahkan hingga tingkat pengangguran nasional menurun sampai level 6 s/d 6.5 persen dan inflasi sesuai target yang kondusif.(dar)    

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar