Rabu, 27 September 2017

world-economy  World Economy

Bertemu Dengan Putin, Poroshenko Upayakan Gencatan Senjata

Rabu, 27 Agustus 2014 16:33 WIB
Dibaca 503

Monexnews - Presiden Ukraina Petro Poroshenko berjanji pasca negosiasi semalam dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengusahakan gencatan senjata dalam waktu dekat untuk meredakan konflik separatis di wilayah timur dari bekas wilayah Soviet tersebut. Diskusi pertama antara kedua pihak tersebut sejak bulan Juni digambarkan Putin memiliki hasil yang positif, namun ia mengatakan Rusia masih belum mendapatkan rincian syarat gencatan senjata antara pemerintah Kiev dan dua wilayah pemberontak di timur Ukraina.

"Kami tidak secara khusus membahas hal tersebut, dan kami pihak Rusia tidak dapat secara bebas mendiskusikan syarat gencatan senjata, kesepakatan antara Kiev, Donetsk, dan Luhansk. Hal tersebut bukan urusan kami, dan tergantung pada Ukraina sendiri," ucap Putin pada hari Rabu pagi.
"Kami hanya dapat berkontribusi untuk menciptakan situasi kepercayaan terhadap kemungkinan proses negosiasi, yang menurutku sangat diperlukan."

Poroshenko, setelah diskusi empat mata selama 2 jam yang menurutnya "sangat ketat dan rumit", mengatakan pada wartawan "Sebuah peta akan disiapkan untuk mencapai wilayah gencatan senjata secepat mungkin yang mana harus disetujui secara bilateral." Kendati nada yang positif, saat ini masih belum jelas bagaimana respon dari pihak pemberontak terhadap gencatan senjata, dan seberapa cepat hal tersebut dapat disepakati serta seberapa lama gencatan senjata tersebut dapat bertahan. Dan juga dengan Putin yang bersikeras bahwa rincian gencatan senjata adalah urusan internal pihak Kiev, tidak ada sinyal kemajuan pada perdebatan mengenai tuduhan Ukraina bahwa pihak Moskow mengirimkan senjata dan tentara untuk membantu pihak pemberontak dan yang dibantah dengan oleh pihak Rusia.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar