Kamis, 21 September 2017

world-economy  World Economy

Bertemu Presiden China, Menkeu Lew Usung Agenda Penting

Selasa, 19 Maret 2013 11:59 WIB
Dibaca 350

Monexnews - Menteri keuangan Amerika Serikat yang baru, Jack Lew, dan presiden terpilih China, Xi Jinping, dijadwalkan bertemu hari Selasa (19/03). Keduanya akan bersua di tengah tingginya tensi kritis antara Amerika dan China beberapa bulan terakhir, terutama berkenaan dengan isu cyber hacking, depresiasi mata uang dan keterbukaan akses pasar.

Pertemuan dengan Lew akan menjadi agenda formal pertama Xi dengan pejabat tinggi pemerintah negara lain sejak ia pertama kali menjabat presiden. Kunjungan ke China juga merupakan agenda politik penting pertama bagi Lew sejak ia mengambilalih kursi menteri dari Timothy Geithner. Mengacu pada kesamaan itu, kedua negara tampaknya menganggap penting satu sama lain dan berniat menghasilkan suatu kerjasama produkstif di masa depan.

Menurut Perdana Menteri Li Keqiang, pihak China menginginkan suatu bentuk kerjasama baru dengan Amerika dan berniat menghentikan perang cyber antara kedua negara. Selama ini aksi saling retas membayangi hubungan Amerika-China, terutama yang ditujukan untuk menyerang situs-situs pemerintahan. Sebuah perusahaan keamanan komputer swasta Amerika bulan lalu menyebut pihak China berada di balik serangkaian aksi hacking. Presiden Barack Obama langsung menelepon Beijing untuk mempertanyakan hal ini. Jack Lew bahkan langsung berbicara di depan media dan meminta China tidak menjadikan negaranya sebagai target kejahatan cyber. Sebaliknya, China justru mengklaim bahwa pihaknya lah yang selama ini menjadi sasaran hacking Amerika.

Selain agenda itu, Jack Lew kemungkinan akan menagih komitmen pemerintahan China yang baru soal penciptaan stabilitas ekonomi. Lew juga akan meminta Beijing me-reformasi kebijakan ekonomi yang selama ini membelenggu rencana ekspansi perusahaan-perusahaan asal Amerika ke negeri tirai bambu. Dari sisi moneter, Amerika kemungkinan juga meminta China untuk membiarkan mata uangnya menguat lebih cepat terhadap Dollar. Agenda lainnya yang berpeluang dibahas adalah perlindungan merek dan hak intelektual produk Amerika yang selama ini kerap dipalsukan oleh produsen China.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar