Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

BI Proyeksikan Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga Melambat

Kamis, 12 September 2013 10:44 WIB
Dibaca 662

Monexnews - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada Agustus 2013 diperkirakan melambat dari bulan sebelumnya. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A. Johansyah dalam keterangan resminya, Selasa (10/9).

Proyeksi BI tersebut mengacu pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang menurut catatan BI  mengalami penurunan sebesar 0,6 poin menjadi 107,8. Menurut Difi, berdasarkan survei konsumen yang dilakukan BI, penurunan pada IKK tersebut relatif lebih rendah dibandingkan penurunan yang terjadi pada Bulan Juli, atau sebulan setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. "Penurunan IKK terbesar terjadi di Semarang dan Banjarmasin," jelasnya. Sementara, penurunan IKK terdalam terjadi pada kelompok responden yang memiliki tingkat pengeluaran Rp3 juta hingga Rp4 juta per bulan.

Tekanan terhadap IKK tersebut, lanjutnya, bersumber dari penurunan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi, atau Indeks Kondisi Perekonomian (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Bulan Agustus 2013. Selain itu, optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja juga cenderung melemah. Faktor utama penurunan optimisme tersebut adalah adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik yang diperkirakan masih terus berlanjut hingga akhir 2013.(ak)

(art)

Sumber: website kementrian keuangan Indonesia - depkeu.go.id

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar