Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

BI Rate Diprediksi Menurun Tahun Depan

Rabu, 9 Oktober 2013 16:32 WIB
Dibaca 422

Monexnews - Bank Indonesia (BI) diperkirakan mulai menurunkan suku bunga acuannya (BI rate) mulai triwulan III-2014. Hal ini dikarenakan, tekanan inflasi pada tahun depan dipastikan lebih rendah dibandingkan pada tahun ini. Demikian disampaikan Kepala Ekonom Bank Internasional Indonesia (BII) Juniman di Jakarta, Selasa (9/10).

Menurutnya, pada tahun 2013 bank sentral cukup agresif meningkatkan BI rate sampai 150 basis points (bps) sebagai langkah antisipasi ekspektasi inflasi yang tinggi. Namun, pola peningkatan BI rate ini akan berbalik arah tahun depan, dimana diperkirakan akan ada penurunan BI Rate sekitar 50 bps yang dilakukan secara bertahap pada triwulan III dan triwulan IV. “BI rate sampai akhir tahun 2013 kemungkinan masih akan bertahan di level 7,25 persen, dan bertahannya BI rate di level tersebut akan berlangsung sampai triwulan II-2014. Di triwulan III akan mulai turun 25 bps dan berlanjut di triwulan IV sebesar 25 bps,” terangnya.

Menurutnya, potensi penurunan BI rate tahun depan diprediksi dengan memperhitungkan ekspektasi laju inflasi yang kemungkinan dapat ditekan di level 5-6 persen, lebih rendah dari tahun ini yang diproyeksikan dapat menembus level 9 persen.(ans)


Sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan



(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar