Rabu, 22 Februari 2017

world-economy  World Economy

BI Stok Uang Tunai Rp125 triliun untuk Puasa dan Lebaran

Senin, 22 Juni 2015 13:07 WIB
Dibaca 1563

Monexnews - Momen Idul Fitri biasanya selalu dirayakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbelanja barang keperluan dan hadiah. Budaya ini mendorong tingginya penarikan uang tunai oleh nasabah sehingga bank-bank wajib mengantisipasinya dengan likuiditas yang mencukupi.

Bank Indonesia (BI) sudah mengalokasikan persediaan uang tunai sebesar Rp119 triliun sampai Rp125 triliun untuk periode Ramadhan dan lebaran 2015. Menurut Ronald Waas, Deputi Gubernur BI, kebutuhan uang tunai selalu meningkat selama bulan puasa hingga hari raya sehingga bank sentral sudah jauh-jauh hari mengantisipasinya. Meski pertumbuhan ekonomi cenderung melambat, pemerintah melihat konsumsi uang tetap tinggi tahun ini sehingga stok tunai yang disediakan lebih besar dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp118,5 triliun. BI memperkirakan kebutuhan masyarakat akan uang tunai saat lebaran naik 15%.

Dari sisi geografis, kebutuhan paling besar berada di wilayah pulau Jawa terutama kota-kota besar seperti Jakarta. Sementara jenis uang yang paling diminati adalah pecahan kecil karena biasanya dipakai masyarakat untuk dibagikan kepada sanak saudara dan belanja kebutuhan sehari-hari. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar