Minggu, 26 Maret 2017

world-economy  World Economy

BI Tahan Suku Bunga Di Level 7.75%

Kamis, 11 Desember 2014 16:51 WIB
Dibaca 513

Monexnews - Bank sentral Indonesia mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada hari ini, berikan jeda setelah kenaikan yang mengejutkan pada bulan lalu dalam merespon kebijakan Presiden Joko Widodo yang menaikan harga bahan bakar bersubsidi.

Gubernur BI, Agus Martowardojo dan para jajarannya meninggalkan suku bunga acuan di level 7.75%, kata bank sentral di Jakarta pada hari ini, itu sesuai dengan prediksi dari 21 ekonom yang di survei oleh Bloomberg News. Lembaga tersebut juga mempertahankan tingkat suku bunga yang di bayar oleh pemberi pinjaman pada deposan yang di kenal dengan nama Fasbi, tidak berubah di level 5.75%.

Harga konsumen di Indonesia naik ke level tertinggi dalam lima bulan di bulan November setelah Jokowi mengurangi subsidi untuk bensin jenis premium dan solar, kebijakan tersebut terlihat menonjol seiring meredanya inflasi dimanapun dengan anjloknya harga minyak. Langkah tersebut mengurangi ruang untuk bank sentral untuk merangsang ekonomi Indonesia, yang tumbuh pada laju terlambat dalam lima tahun.

"Bank sentral masih akan mempertahankan suku bunga hingga dua kuartal kedepan," kata Vaninder Singh, yang merupakan seorang ekonom di Royal Bank of Scotland Plc di Singapura, sebelum keputusan tersebut di publikasikan. Pertumbuhan Indonesia yang melambat "normalnya akan merekomendasikan pengurangan suku bunga namun dengan situasi inflasi dan ketidakpastian ekonomi global akibat kebijakan moneter AS akan membuat bank sentral mempertahankan kebijakannya."

Bank Indonesia naikan suku bunga acuan menjadi 7.75% dari 7.5% pada pertemuan yang tidak di jadwalkan di tanggal 18 November untuk melindungi ekonomi dari inflasi setelah kenaiakn harga bahan bakar. Itu adalah kenaikan pertama dalam suku bunga acuan dalam setahun ini.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar