Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

BI Tidak Akan Biarkan Rupiah Menembus Level 10,000

Jumat, 5 April 2013 17:43 WIB
Dibaca 890

Monexnews - Bank sentral Indonesia akan membiarkan cadangan mata uang asing berkurang untuk mencegah rupiah untuk melemah menembus level 10,000 per dollar tahun ini, menurut presiden direktur PT Bank Central Asia. Jahja Setiaatmadja, presiden direktur bank BCA, mengatakan keyakinannya bahwa Bank Indonesia akan mampu untuk menjadi rupiah di bawah 10,000. Rupiah harus bertahan di bawah level psikologis tersebut jika bank sentral untuk menghindari terjadinya kepanikan pada pasar, ucapnya.

“Jika Bank Indonesia tidak berani membanjiri pasar dengan dollar, rupiah dapat menjadi tidak terkendali,” ucap Setiaatmadja. Indonesia sebagai negara perekonomian terbesar di Asia Tenggara saat ini sedang menghadapi melebarnya defisist perdagangan yang telah menyeret rupiah menuju level terendah dalam 3 tahun di bulan Januari, dan menyebabkan bertambahnya laju inflasi. Pelemahan rupiah dan kenaikan tingkat inflasi memberikan tekanan baru Bank Indonesia untuk mengetatkan kebijakan moneternya setelah tingkat suku bunga berada pada rekor rendah selama lebih dari setahun, membuat Setiaatmadja memprediksikan adanya penurunan pada tingkat pinjaman pada banknya.

“Jika BI terus mengintervensi besar-besaran, batasan pada 100 milyar dollar akan ditembus pada bulan April atau Mei,” meurut ekonom Bank of America, Hak Bin Chua. Namun demikian “BI mungkin masih enggan untuk menghabiskan cadangan mata uang asinya lebih banyak untuk kecemasan rusaknya tingkat kepercayaan.”

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar