Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

BI Uji Coba Pembayaran BLT Melalui Uang Elektronik

Kamis, 9 Oktober 2014 11:09 WIB
Dibaca 556

Monexnews - Untuk membayarkan Bantuan Langsung Tunai Bersyarat kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Bank Indonesia akan menggunakan Agen Layanan Keuangan Digital (LKD). Hari ini, Rabu (8/10), Gubernur BI Ronald Waas meresmikan uji coba penyaluran BLT tersebut dengan uang elektronik. Uji coba ini dilakukan di 4 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur sejak tanggal 8 - 30 Oktober 2014.

“Pembayaran bantuan sosial tidak lagi dibayarkan secara tunai namun disalurkan melalui uang elektronik (U-Nik) yang dapat diambil kapan saja dan dimana saja melalui Agen LKD. Ini merupakan hal yang baru di Indonesia,” katanya seperti dikutip melalui laman Bank Indonesia.

Kegiatan ini adalah kerjasama BI dengan berbagai lembaga seperti Kementerian Keuangan, Bappenas, Kementerian Sosial, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Bank Mandiri serta Bank Rakyat Indonesia.

Sebagai informasi, ada 1.860 Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang terlibat dalam uji coba yang menggunakan layanan Agen LKD dari Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia. Bank Mandiri melayani sebanyak 1.343 KSM yang terdiri dari 82 KSM di Koja, Jakarta Utara; 89 KSM di Alak, Kota Kupang; dan 1,172 KSM di Dukupuntang dan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Bank Rakyat Indonesia sendiri melayani sebanyak 517 KSM yang terdiri dari 100 KSM di Cilincing, Jakarta Utara dan 417 KSM di Beji, Kabupaten Pasuruan. (fin)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar