Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Bisnis Eropa Terimbas Pelambatan Ekonomi Russia

Rabu, 7 Mei 2014 19:29 WIB
Dibaca 574

Monexnews -

Berbagai korporasi di kawasan Eropa khususnya di sektor perbankan, minuman dan tembakau melaporkan laju laba yang merosot dibawah estimasi serta penurunan penjualan yang drastis ditengah ketidakpastian posisi politik Moscow dan negara Barat terkait Ukraina yang memicu pelambatan ekonomi Russia.

Semenjak terjadi pengambilalihan kawasan Crimea oleh Russia, nilai tukar Rubel dan ekonomi Russia terpuruk sehingga menuju resesi, ditunjukkan oleh output sektor jasa maupun manufaktur Russia yang disurvey oleh HSBC mengalami kontraksi terburuk di bulan April ke level terendahnya sejak Mei 2009.

Memburuknya ekonomi Russia tersebut membayangi laju revenue dan proyeksi earnings berbagai perusahaan di Eropa yang tergantung pada pertumbuhan ekonomi Russia. Sebut saja, Societe Generale, bank terbesar ketiga di Prancis dari segi aset melaporkan laju laba Q1 anjlok ke level 315 juta Euro dibanding tahun sebelumnya 364 juta Euro disebabkan oleh ketidakpastian politik Russia. Hal ini bisa terjaid karena Societe Generale memiliki 99.4% saham Rosbank milik Russia. Sementara perusahaan minuman Carlsberg, Anheuser-Busch, dan Heineken turut mengalami kejatuhan net profit cukup signifikan akibat penurunan permintaan minuman bir di Russia.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar