Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

BoE Perkirakan Resiko Perlambatan Laju Inflasi, Siap Pangkas Suku Bunga

Kamis, 12 Februari 2015 17:52 WIB
Dibaca 571

Monexnews - Bank of England melihat kenaikan suku bunga tidak terlalu dibutuhkan tahun ini, dan siap untuk memangkas suku bunga jika laju inflasi turun ke area negatif lebih dalam dari ekspektasi, proyeksi baru yang ditunjukkan pada hari Kamis. Gubernur BoE Mark Carney mengatakan bahwa ia memperkirakan laju inflasi akan turun ke bawah levle nol dalam beberapa bulan kedepan akibat anjloknya harga minyak yang berada dekat level rendah 6 tahun, namun menekankan bahwa hal ini tidak berarti bahwa perekonomian telah memasuki deflasi.

"Inggris tidak sedang mengalami deflasi," ucap Carney dalam surat untuk menteri keuangan George Osborne menjelaskan selisih antara inflasi, yang berada pada 0.5% menurut data terkini, dan target bank sentral sebesar 2%. Bagaimanapun juga, jika aktivitas global melemah dan Inggris berada dalam resiko deflasi, BoE mengatakan pihaknya siap untuk memangkas suku bunga, menyusul langkah bank sentral lainnya yang telah mengambil langkah kebijakan darurat. Hal ini merupakan perubahan besar dari posisi sebelumnya, di mana BoE mengatakan tingkat suku bunga di bawah 0.5% memiliki dampak yang minum, dan sejumlah bank terlalu lemah untuk mengadopsi kebijakan tersebut. "MPC (dewan kebijakan) siap untuk mengambil langkah apapun yang diperlukan, seiring berjalannya waktu, untuk memastikan laju inflasi kembali menuju target dalam waktu yang tepat, ucap Carney.

Bagaimanapun juga, laporan inflasi kuartalan bank sentral kali ini dinilai positif, dengan perekonomian sudah hampir kembali berjalan dalam kapasitas penuh. Bank sentral merevisi naik proyeksi pertumbuhannya dan memprediksikan upah akan bertumbuh lebih cepat, menandakan masyarakat Inggris mungkin akan merasakan sejumlah keuntungan dari pemulihan ekonomi Inggris belakangan ini sebelum Perdana Menteri David Cameron menghadapi pemilu tanggal 7 Mei nanti.
Laju inflasi konsumen rata-rata di kuartal kedua tahun ini kemungkinan akan turun ke rekor rendah tahunan, menurut proyeksi BoE, bahkan lebih rendah dari 1% proyeksi BoE di bulan November lalu. Setelah itu, BoE memperkirakan laju inflasi akan naik secara stabil menuju targetnya pada 2% dalam kurun waktu 2 tahun, dan sedikit di atas 2% dalam 3 tahun, jika BoE menaikkan suku bunga sesuai perkiraan. Pasar keuangan tidak memperkirakan BoE akan mulai menaikkan suku bunga dari rekor rendah 0.5% hingga kuartal ketiga tahun 2016, ucap BoE, dibandingkan dengan ekspektasi di bulan November lalu bahwa suku bunga akan mulai naik pada Oktober 2015.
Fakta bahwa proyeksi inflasi BoE akan melebihi targetnya jika suku bunga secara perlahan jika suku bunga tidak naik hingga saat itu menandakan bank sentral mungkin menginginkan kenaikan suku bunga sedikit lebih cepat. Semenjak BoE mengkalkulasikan proyeksinya, pasar telah mengantisipasi langkah lebih awal pada awal tahun 2016. Ekonom yang memantau BoE selama ini skeptis mengenai hal yang mendorong mundur ekspektasi kenaikan suku bunga pada pasar, dan saat polling bulan lalu memperkirakan kenaikan suku bunga akan dimulai pada kuartal terakhir tahun ini.
BoE juga memperkirakan penurunan harga minyak akan mendorong tingkat pertumbuhan tahun depan dibandingkan dengan proyeksi bulan November lalu. Tingkat pertumbuhan tahun ini diperkirakan akan menjadi yang terkuat dalam beberapa tahun pada 2.9%. Untuk tahun 2016, BoE juga memperkirakan laju pertumbuhan sebesar 2.9%, naik dari 2.6% di bulan November lalu. Manfaat dari kenaikan tingkat pertumbuhan juga mungkin akan dirasakan lebih luas, dengan tingkat upah diperkirakan akan bertumbuh sebesar 3.5% tahun ini setelah naik hanya sebesar 1.75% di tahun 2014. Sementara perekonomian Ingris telah bertumbuh dengan kuat sejak pertengahan tahun 2013, laju inflasi dan upah rata-rata serta output ekonomi per orang masih berada jauh di bawah level tinggi sebelum krisis keuangan memicu resesi di Inggris pada tahun 2008 lalu.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar