Rabu, 18 Oktober 2017

world-economy  World Economy

BOE Weale: Tidak Ada Kenaikan Suku Bunga Lebih Awal

Jumat, 24 Januari 2014 16:34 WIB
Dibaca 646

Monexnews - Tingkat suku bunga akan berada pada rekor rendah saat ini untuk sementara waktu, meski penurunan yang lebih tajam dari perkiraan pada tingkat pengangguran, menurut salah satu petinggi Bank of England dalam kunjungannya ke Suffolk. Martin Weale, anggota independen Monetary Policy Committee (MPC), berbicara pada hari kunjungan pertama dari yang dijadwalkan selama 2 hari ke Suffolk untuk melihat pandangan dan kecemasan bisnis lokal melalui serangkaian kunjungan ke perusahaan dan diskusi meja bundar.

Di bawah kebijakan petunjuk suku bunga musim panas lalu seiring menjabatnya Mark Carney sebagai gubernur Bank of England, MPC mengatakan tidak akan mempertimbangkan untuk menaikkan tingkat suku bunga dari level rendah saat ini yaitu 0.5% hingga tingkat pengangguran Inggris turun menjadi 7%. Pada saat itu, bank sentral tidak memperkirakan level tersebut dapat dicapai hingga tahun 2016 namun tingkat pengangguran saat ini berada sangat dekat dengan batasan tersebut, berada pada level 7.1%, dan hal ini memicu spekulasi kenaikan suku bunga lebih awal.

Weale, satu-satunya anggota MPC yang menentang kebijakan petunjuk suku bunga, mengatakan kecemasannya bahwa pada saat itu dengan inflasi mendekati level 3%, adalah resiko menciptakan kesan bahwa bank sentral bersiap untuk lebih toleransi dari sebelumnya untuk tingkat inflasi yang berada di atas target. Penurunan inflasi kembai menuju level 2%, dan bersamaan dengan penurunan tajam pada tingkat pengangguran sangat disambut baik namun hal tersebut merupakan trend yang diakui tidak diluar perkiraannya.

Ada saran bahwa MPC seharusnya menurunkan level batasan 7% mungkin menjadi 6.5%, namun Weale mengatakan ia tidak percaya bahwa hal ini akan mewujudkan tujuan petunjuk suku bunga, yaitu menciptakan kepastian, karena batasan baru juga bisa saja dicapai dengan cepat pada event tertentu. Bagaimanapun, ia mengatakan sudah jelas bagi MPC bahwa tingkat penangguran hanya salah satu dari banyak faktor yang akan mempengaruhi keputusan suku bunga, dan dengan kenaikan tingkat upah masih berada di bawah inflasi, ada pandangan bahwa tingkat suku bunga akan terus berada di level saat ini untuk sementara waktu.

Weale menambahkan bahwa menurutnya bank seharusnya tidak mulai menarik program Quantitative Easing hingga tingkat suku bunga telah kembali ke level normal, mungkin 2.5% hingga 3%%. Hal ini akan mendukung perekonomian jika nantinya penjualan aset hasil pembelian tersebut memiliki dampak negatif di luar dugaan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar