Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

BOJ akan Awasi Negosiasi Gaji antara Perusahaan dan Buruh

Kamis, 25 Desember 2014 13:20 WIB
Dibaca 905

Monexnews - Gubernur Bank of Japan (BOJ), hari ini berbicara di hadapan media untuk menjelaskan tentang dinamika kebijakan moneter Jepang. Haruhiko Kuroda menegaskan bahwa stimulus tambahan yang dirilis akhir Oktober lalu bukan untuk merespon tren penurunan harga minyak dunia. Ia bersikukuh harga minyak yang murah justru mendukung perekonomian domestik untuk jangka panjang. Lebih lanjut, bank sentral juga akan menekan perusahaan-perusahaan untuk bersedia menaikkan gaji karyawannya. 

"Untuk menghindari kesalahpahaman, saya tegaskan bahwa kebijakan terbaru BOJ bukan untuk merespon kondisi pasar minyak," ujar Kuroda beberapa saat lalu. Ia meyakini bahwa penurunan minyak merupakan kabar baik bagi perekonomian apabila penyebabnya lebih kepada faktor persediaan. Jepang akan diuntungkan dari kondisi terkini karena negara ini adalah importir utama.

Bank sentral memang mengakui kalau penurunan harga minyak akan menghambat upaya percepatan inflasi dalam jangka pendek. Namun jika dianalisa kembali, harga minyak yang lebih murah akan membuat aktivitas produksi berjalan kencang dan memicu kenaikan harga-harga di jangka panjang.

Pemerintah dan BOJ juga kompak meminta perusahaan-perusahaan untuk menaikkan upah dalam proses perundingan tahunan dengan serikat pekerja. Penyesuaian gaji pekerja diharapkan bisa mengerek daya beli warga sehingga harga-harga meningkat dan mampu mengeluarkan Jepang dari fase deflasi yang sudah berlangsung 15 tahun. "Saya memiliki perhatian khusus terhadap proses negosiasi antara buruh dan pengusaha," kilah Kuroda. 

 

Harga minyak dunia sudah turun lebih dari 25% sejak akhir Oktober lalu, nyaris bersamaan dengan pelonggaran moneter BOJ. Anjloknya harga minyak diprediksi akan memperlambat laju indeks harga konsumen dari levelnya saat ini di 0,9%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar