Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

BoJ Berpotensi Menaikkan Proyeksi Inflasi

Selasa, 22 April 2014 22:01 WIB
Dibaca 468

Monexnews -

Bank Sentral Jepang (BoJ) berpotensi menaikkan proyeksi inflasinya pekan depan untuk menegaskan bahwa target inflasi masih dalam jalur yang tepat berupaya menepis skeptimisme para ekonom.

Di lain sisi, menaikkan proyeksi inflasi tersebut justru mengurangi ekspektasi penambahan stimulus BoJ dalam waktu dekat khususnya setelah Gubernur BoJ, Haruhiko Kuroda memberikan sinyal bahwa penambahan stimulus moneter belum diperlukan untuk sementara ini.

Komentar BoJ Kuroda di awal bulan ini sempat memicu kekecewaan para investor dan memicu kejatuhan indeks saham Nikkei Jepang yang membukukan pelemahan mingguan terburuknya dalam 2 tahun terakhir.

Alasan utama yang mendasari potensi kenaikan proyeksi inflasi adalah laporan data harga-harga kebutuhan pokok dari Tokyo yang akan dirilis minggu-minggu ini. Data inflasi CPI diekspektasikan solid, karena beberapa perusahaan telah menaikkan harga ritel cukup tajam melampaui kenaikan pajak konsumsi nasional yang berlaku sejak 1 April. Berbagai perusahaan tersebut juga memanfaatkan momen pulihnya permintaan domestik, dan kenaikan harga pajak. Oleh sebab itu Indeks inflasi inti Tokyo diperkirakan naik 2.8% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar