Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

BoJ Khawatirkan Resiko Pertumbuhan China

Kamis, 4 Juli 2013 20:30 WIB
Dibaca 427

Monexnews -

Meskipun terdapat optimisme terhadap kondisi perekonomian domestik Jepang, namun bank sentral Jepang (BoJ) memiliki kekhawatiran atas potensi penghambat recovery dari skenario soft landing / pelambatan ekonomi China.

Oleh sebab itu topic Soft landing perekonomian kedua terbesar dunia di China tersebut kemungkinan akan menjadi agenda utama pada rapat BoJ pekan depan, dimana Meeting BoJ ini kemungkinan tidak akan menghasilkan perubahan kebijakan moneter.

Wajar bila kekhawatiran BoJ atas faktor eksternal ini dapat menganggu target pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang sedang menjanjikan, yang berencana akan mengupgrade penilaian ekonomi Jepang dan mengekspresikan keyakinan pada laju recovery di AS serta stabilitas zona Euro.

Situasi Beijing yang berupaya meredam ekspansi sektor kredit sehingga memicu krisis likuiditas jangka pendek dan memicu ketidakpastian pasar regional Asia termasuk Tokyo memang mengejutkan, karena dengan pengawasan yang ketat seperti yang kita ketahui dari kontrol pertumbuhan kredit di China, namun ternyata kondisi perbankan mirip dengan sistem Keiretsu di Jepang. Namun sebagian analis optimis bahwa China bisa menyelesaikan masalahnya di jangka pendek ini, namun jika kejadian ini terulang kembali bisa timbul kekhawatiran bahwa China belum tentu dapat mengatasi problem tersebut karena masalah yang sudah menjadi lebih besar.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar