Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

BOJ Kuroda Tetap Positif Terhadap Perekonomian

Rabu, 16 April 2014 13:54 WIB
Dibaca 556

Monexnews - Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda pada hari Rabu kembali menegaskan pandangannya yang positif terhadap perekonomian,  meski seiring goyangnya pasar keuangan, menekankan bahwa tingkat pertumbuhan akan bangkit di sekitar pertengahan tahun seiring dampak dari kenaikan pajak penjualan memudar. Kenaikan harga akan meluas seiring perekonomian terus membaik secara bertahap, tambah Kuroda, kembali menegaskan pandagannya bahwa Jepang sedang dalam jalur menuju target inflasi bank sentral sebesar 2% dalam waktu sekitar setahun.

"Benar bahwa survey tankan yang dirilis bulan ini menunjukkan serangkaian perusahaan, terutama produsen otomotif dan peritel, lebih cemas terhadap outlook perkeonomian," ucap Kuroda. "Namun tingkat kepercayaan masih tinggi dan rencana belanja modal korporat untuk tahun fiskal 2014/15 solid. Perusahaan-perusahaan mempertahankan sikap positifnya," ucapnya.

Petinggi BOJ telah berulang kali menunjukkan optimisme bahwa kenaikan pajkan penjualan nasional bulan ini tidak akan menghambat perekonomian atau mencetah inflasi untuk mencapai target bank sentral sebesar 2%. Namun banyak ekonom dan trader mengatakan BOJ akan harus melonggarkan kebijakan kembali, kemungkinan di bulan Juli, seiring laju kenaikan harga konsumen diperkirakan akan terhambat. BOJ kesulitan untuk menjembatani perbedaan mengenai persepsi mengenai langkah kebijakan selanjutnya. Kontras dengan optimisme BOJ, pemerintah akan merevisi turun penilaiannya terhadap perekonomian secara keseluruhan akibat dampak kenaikan pajak dalam laporan bulanan yang akan segera dirilis, menurut harian bisnis Nikkei.

Kuroda menekankan bahwa perkeonomian akan melemah di bulan April-Juni akibat dampak kenaikan pajak namun akan kembali bertumbuh di atas potensinya, diperkirakan sekitar 0.5%, setelahnya seiring membaiknya tingkat pekerjaan dan upah. Ia mengingatkan, bahwa meski Jepang baru hanya setengah jalan menuju target inflasi BOJ, pandangan yang belakangan ini mulai ia tekankan, mungkin akan menjaga ekspektasi pasar tetap hidup bahwa bank sentral siap mengambil tindakan jika perekonomian melambat.

"Untuk saat ini, apa yang penting adalah kita melakukan yang terbaik untuk mencapai target inflasi 2% secepatnya," ucap Kuroda. Pertemuan selanjutnya BOJ untuk review kebijakan yang dijadwalkan pada tanggal 30 April, saat BOJ juga akan merilis proyeksi ekonomi dan inflasi jangka panjang, diperkirakan akan menunjukkan Jepang akan mencapai tingkat inflasi di sekitar 2% untuk setidaknya 2 tahun mulai dari pertengahan 2015.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar