Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

BOJ Nakaso Peringatkan Dampak Penurunan Harga Minyak

Senin, 9 Maret 2015 12:04 WIB
Dibaca 389

Monexnews - Bank of Japan harus kembali melonggarkan kebijakan lebih lanjut jika penurunan harga minyak menghambat usahanya untuk mendongkrak naik ekspektasi inflasi, menurut wakil gubernur BOJ, menekankan kesiapan bank sentral untuk menambah stimulua guna mencapai target inflasi yang ambisius. Namun Hiroshi Nakaso juga mengatkan hanya dengan penurunan harga minyak tidak akan memicu langkah lebih lanjut dalam waktu dekat karena BOJ sedang fokus mengenai apakah laju inflasi bertambah cepat seiring dukungan dari pemulihan ekonomi yang solid.

Nakaso mengatakan penurunan harga minyak mungkin akan menekan tingkat harga turun dalam jangka pendek namun akan menodorng laju inflasi dalam perspektif jangka panjang karena menguntungkan negara pengimpor minyak seperti Jepang. Ia menambahkan bahwa BOJ akan menyesuaikan kebijakan moneter jika ada perubahan pada trend harga dan jika dibutuhkan untuk mencapai target inflasi sebesar 2% lebih cepat. Nakaso juga mengatakan penurunan harga minyak sejak musim panas lalu telah mengikis pendapatan Jepang sekitar 7 trilyun yen (58 milyar dollar).
Penurunan harga minyak telah memperlambat laju inflasi infto konsumen tahunan menjadi 0.2% di bulan Januari, membuka peluang pelonggaran lanjutan oleh BOJ tahun ini. Nakaso mengatakan BOJ sedang memantau sejumlah indikator, tidak hanya tingkat inflasi konsumen, dalam menilai apakah Jepang berada dalam jalur untuk mencapai target inflasinya, menepis pandangan bahwa penurunan harga minyak akan memicu langkah kebijakan dalam waktu dekat. Waktu untuk mencapai target inflasi sebesar 2% mungkin akan bervariasi, tergantung oleh pergerakan harga minyak, namun yang penting adalah trend harga secara keseluruhan, tambah Nakaso.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar