Kamis, 14 Desember 2017

breaking-news The Fed menaikkan suku bunga 25 basis poin menjadi 1,50%

world-economy  World Economy

BoJ Umumkan Kebijakan

Kamis, 14 Februari 2013 11:13 WIB
Dibaca 408

Monexnews -Bank of Japan hari ini (14/02) memutuskan untuk menahan suku bunga dalam pertemuan kebijakan setelah kurang dari sebulan lalu menetapkan target inflasi sebesar 2.0% dan mengambil langkah pelonggaran tambahan. 10 analis yang disurvey Dow Jones Newswires sudah membaca sinyal ini. Anggota dewan memutuskan untuk mempertahankan jumlah program aset pembelian yang menjadi alat utama pelonggaran moneter sebesar Y101 triliun hingga akhir tahun ini. BoJ juga memutuskan untuk menahan suku bunga tetap di level 0.0%-0.1%. 

Seorang anggota dewan kebijakan, Ryuzo Miyao, meminta bank sentral untuk menahan suku bunga tetap di level saat ini hingga mendekati target inflasi sebesar 2%. Hasil jajak pendapat Mr. Miyao sebesar 8-1. "Bank sentral akan terus melakukan langkah pelonggaran agresif guna mengejar target stabilitas harga dengan suku bunga mendekati nol dan melanjutkan program pembelian aset keuangan," menurut pernyataan bank sentral seperti yang tertuang dalam pengumuman resmi.

BoJ juga mengatakan kondisi perekonomian terlihat mulai membaik dan menaikkan penilaiannya terhadap perekonomian. Bulan lalu bank sentral mengatakan perekonomian Jepang masih relatif lemah. Data yang dirilis hari ini menunjukkan bahwa ekonomi Jepang turun 0.4% untuk periode bulan Oktober - Desember, mencatat penurunan untuk kuartal ketiga di tengah berlanjutnya ketidak pastian perekonomian dunia.

Suramnya data dapat memicu spekulasi bahwa bank sentral akan mulai melakukan langkah pelonggaran moneter dalam beberapa bulan mendatang. Sebagian besar analis memperkirakan bank sentral di bawah kepemimpinan yang baru akan melakukan langkah pelongaran baru pada pertemuan yang digelar pada 3-4 April. Gubernur BoJ, Masaaki Shirakawa pekan lalu mengatakan akan mengundurkan diri pada 19 Maret, tiga pekan lebih awal dari rencana semula, 08 April.

 

 

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar