Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Bos Perbankan Optimis Ekonomi Spanyol Pulih Tahun Ini

Jumat, 17 Mei 2013 15:18 WIB
Dibaca 552

Monexnews - Negara perekonomian terbesar ke-empat di Zona Euro mengalami resesi dalam di tiga bulan pertama 2013. Krisis hutang telah membuat sektor bisnis dan konsumsi tidak bergairah lagi. Akan tetapi bukan berarti pelaku ekonomi dan keuangan menjadi skeptis.

Direktur Eksekutif Banco Santander memperkirakan bahwa fase kritis ekonomi Spanyol akan menemui titik puncak di kuartal II 2013. Namun di kuartal II dan IV kondisinya akan berubah karena perekonomian akan membaik. "Mendekati akhir tahun nanti, kita akan mulai melihat adanya permintaan konsumsi yang lebih baik," ujar Rodriguez Inciarte dalam sebuah acara di Tokyo beberapa saat lalu.

Proyeksi dari petinggi bank terbesar di Spanyol ini sejalan dengan perkiraan sebagian pengamat. Pemulihan di lini ekspor dan konsumsi diyakini bisa menjadi pendorong laju GDP yang lama stagnan. Perekonomian Spanyol berkontraksi setengah persen di kuartal I dibandingkan triwulan sebelumnya. Kondisi perlambatan seperti ini berlangsung selama tujuh kuartal beruntun, berbarengan dengan suramnya situasi di zona Euro.

Pihak Standard & Poor's dan Fitch Ratings belum mencabut peringatan potensi downgrade lebih lanjut dalam waktu dekat. Namun Inciarte yakin kemungkinannya kecil karena lembaga rating cenderung berasumsi pada situasi terburuk. Rating hutang Spanyol terakhir kali dipangkas oleh S&P dari BBB menjadi BBB- atau selangkah di atas status 'sampah pada Oktober 2012 lalu. Adapun defisit anggaran negara ini diprediksi sampai 6.3% dari GDP tahun ini atau lebih tinggi dibandingkan target sebelumnya di 4.5%. "Untuk kali pertama Spanyol memiliki neraca pembayaran yang positif, laju ekspor lebih cepat ketimbang impornya sehingga hutang tergerus," demikian tambah Direktur Banco Santander.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar