Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Bos Softbank Didaulat sebagai Orang Terkaya Jepang

Kamis, 3 April 2014 15:16 WIB
Dibaca 761

Monexnews - Program ekonomi yang dicanangkan Perdana Menteri Shinzo Abe tidak hanya berdampak pada pemberdayaan sektor riil, namun berpengaruh juga terhadap harga saham-saham. Selain menyenangkan hati investor, trend penguatan harga saham juga membuat orang yang kaya menjadi semakin kaya.

Sebagian besar konglomerat yang masuk dalam daftar orang terkaya Jepang merupakan orang-orang lama. Aset konglomerat negeri sakura semakin memebengkak karena nilai saham yang mereka miliki naik dalam setahun terakhir. Kenaikan harga saham sama artinya dengan bertambahnya pundi-pundi kekayaan beberapa pengusaha ternama. Pelemahan kurs Yen juga berpengaruh besar terhadap jumlah pendapatan bos-bos perusahaan yang berbisnis di luar negeri.

Menurut perhitungan Forbes, posisi orang terkaya Jepang dipegang oleh Masayoshi Son, sosok di balik kesuksesan perusahaan telekomunikasi dan internet Softbank. Jumlah kekayaannya mencapai $19 miliar atau naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan nilai aset satu tahun lalu yang 'hanya' $9.1 miliar. Di tahun 2013, Son hanya berada di posisi 3 tetapi sejak Softbank meraup pendapatan Dollar dari ekspansi bisnisnya, kocek pria 56 tahun ini ikut bertambah. Setelah membeli saham perusahaan Finlandia, Supercell dan Brightstar asal Amerika, Softbank juga memborong 70% saham Spring Nextel beberapa bulan silam. Alhasil, jumlah pendapatan usah melonjak berkat penjualan unit-unit bisnisnya di luar negeri. Harga sahamnya sendiri sudah meroket 90% dalam setahun dan kini diperdagangkan di harga 8.144 Yen atau $78.

Jawara tahun lalu, Tadashi Yanai, turun ke posisi 2 dengan total kekayaan $17.8 miliar. Bos produsen pakaian Fast Retailing ini sebelumnya mencatat kepemilikan aset $15.5 di 2013. Melalui merk andalannya, Uniqlo, Yanai sukses meraup penghasilan dari ekspansi bisnis ke negara berkembang termasuk Indonesia.

Pemilik Rakuten, perusahaan jual beli online terbesar Jepang, Hiroshi Mikitani mempertahankan posisi ke-4 dalam daftar Forbes atau di bawah keluarga Nobutada Saji yang menorehkan aset $11.2 miliar. Sedangkan untuk posisi 5 hingga 10 diisi oleh Takemitsu Takezaki ($6.2 miliar), keluarga Kunio Busujima ($5 miliar), Akira Mori ($4 miliar), Masatoshi Ito ($3.4 miliar), Keiichiro Takahara ($3.3 miliar) dan Masahiro Miki ($2.8 miliar).

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar