Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Buffett Sumbangkan $2 Miliar kepada Yayasan Gates

Selasa, 9 Juli 2013 10:32 WIB
Dibaca 1243

Monexnews - Meski kerap diperbandingkan dalam hal jumlah kekayaan, hubungan baik antara miliarder Warren Buffett dan Bill Gates terbilang erat. Keduanya juga dikenal sebagai filantropis yang sering terlibat dalam berbagai agenda sosial.

Warren Buffett awal pekan ini dilaporkan telah mendonasikan dana sekitar $2 miliar kepada Bill and Melinda Gates Foundation. Sumbangan Buffett bukanlah berupa uang tunai namun berbentuk 17.458.431 saham kelas B perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway, yang pada hari Senin (08/07) kemarin diperdagangkan pada level $115 per unit.

Selain untuk yayasan milik Gates, Warren Buffett juga mendonasikan 1.745.843 saham senilai $200 juta kepada yayasan yang didirikannya sendiri, Susan Thompson Buffett Foundation. Sementara 1.222.085 unit saham dihibahkan kepada Howard G. Buffett Foundation, yayasan yang dinamai dengan nama anak Buffett sendiri. Adapun satu yayasan lain yang masuk dalam daftar penerima sumbangan adalah NoVo and Sherwood Foundations. Pihak Berkshire Hathaway menyatakan bahwa rangkaian donasi ini adalah bagian dari kontribusi Buffett kepada lima yayasaan kemanusiaan.

Mengacu pada jumlah saham yang dihadiahkan kepada yayasan-yayasan itu, masyarakat Amerika Serika bisa menilai sendiri betapa pundi-pundi sang miliarder bertambah setiap tahunnya. Berkshire Hathaway merupakan perusahaan investasi dengan portofolio luas mulai dari transportasi, keuangan, manufaktur, retail, jasa, asuransi, media dan produk olehan susu. Semua itu belum termasuk porsi kepemilikan Buffett di perusahaan-perusahaan kecil lainnya.

Gates Foundation sendiri didirikan atas nama pemilik Microsoft dan istrinya, Melinda. Program sosial yayasan ini cukup variatif dengan fokus utama pada pengentasan kemiskinan global. Salah satu gerakan yang paling terkenal dari gates Foundation adalah proyek pemberantasan penyakit malaria di negara dunia ke-tiga. Pihak yayasan mendistribusikan kelambu dan insektisida ke negara-negara miskin untuk mengurangi tingkat kematian karena malaria.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar