Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

Bukan Alibaba, Tencent yang Jadi Perusahaan Termahal China

Selasa, 27 Januari 2015 12:50 WIB
Dibaca 973

Monexnews - Geliat Alibaba di sektor teknologi dunia belum cukup menjadikannya sebagai perusahaan paling bernilai di China. Unit usaha online yang didirikan oleh entrepreneur Jack Ma ini harus puas berada di posisi runner-up dalam daftar yang dirilis oleh lembaga riset Millward Brown.

Perusahaan yang memiliki nilai jual merk tertinggi di tanah Tiongkok adalah Tencent, dengan nilai mencapai $66,1 miliar atau dua kali lipat dibandingkan valuasinya tahun lalu. Sementara Alibaba menduduki posisi ke-dua dengan nilai merk sebesar $59,7 miliar. Kedua perusahaan itu berada di atas jawara tahun lalu, China Mobile, dalam daftar perusahaan paling bernilai jual yang dirilis oleh Millward Brown.

Tencent adalah salah satu konglomerasi IT paling disegani di China karena mampu memasyaratkan dua aplikasi pesan singkat, yaitu QQ untuk PC desktop dan WeChat untuk platform mobile. Kapitalisasi pasarnya diprediksi mencapai $160 miliar atau di atas perusahaan multinasional semacam McDonald's, Boeing dan American Express.

Perusahaan yang berdiri 16 tahun ini dianggap memiliki prospek bisnis dan pangsa pasar yang bagus di masa depan. Bersama Alibaba dan Baidu, Tencent menjadi ikon teknologi China di pasar internasional melalui produknya masing-masing. Tidak hanya itu, ruang ekspansi juga terbuka lebar karena pihak perusahaan memiliki kas berlimpah untuk menjalankan proyek merjer dan akusisi.

Sementara Alibaba, yang berada di posisi 2, menyita perhatian pelaku pasar setelah sukses menggelar initial public offering (IPO) senilai $25 miliar awal tahun ini. Berikut ini adalah daftar merk perusahaan paling bernilai asal China:

1) Tencent
2) Alibaba
3) China Mobile
4) Industrial and Commercial Bank of China (ICBC)
5) Baidu
6) China Construction Bank
7) Sinopec
8) Agricultural Bank of China
9) PetroChina
10) Bank of China

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar