Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Bullard: Tidak Perlu Ada Koordinasi Kebijakan Moneter Internasional

Senin, 7 April 2014 23:02 WIB
Dibaca 673

Monexnews - Perekonomian global hanya akan mendapat sedikit manfaat jika bank sentral di dunia menkoodrinasikan kebijakan moneternya, ucap salah satu petinggi Federal Reserve pada hari Senin seiring membela langkah kebijakan longgar AS. Untuk melawan resesi dan mengembalikan kesehatan perkeonomian AS, the Fed telah menahan tingkat suku bunga di dekat nol sejak tahun 2008 sembari mencetak trilyunan dollar untuk membeli obligasi. Strategi ini telah memicu kecemasan di antara bank sentral di dunia, terutama pada negara maju di mana sejumlah pejabat bank sentral cemas bahwa program stimulus eksotik dari AS memicu ketidakseimbangan pada pasar keuangan global, meski reaksi terhadap pemangkasan program pembelian aset tersebut cukup lambat.

Kepala bank sentral India telah mengusulkan agar bank sentral di dunia mengkoordinasikan kebijakan mereka, namun James Bullard, Presiden Federal Reserve AS bagian St.Louis keberatan dengan strategi tersebut. "Kemungkinan manfaat yang didapat sedikit, dan susah bagi bank sentral di dunia untuk melakukan pendekatan yang kooperatif," ucap Bullard. Bullard mengatakan menurutnya pembelian obligasi secara agresif oleh the Fed dan janjinya untuk mempertahankan tingkat suku bunga di level rendah merupakan kebijakan yang efektik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi AS. Mengkoordinasikan kebijakan secara global hanya akan masuk akal jika hal ini tidak terjadi, ucapnya.

Dalam apa yang digambarkannya sebagai pandangan umum dalam bank sentral, Bullard mengatakan peran terpenting bank sentral adalah dengan menggunakan kebijakan suku bunga untuk menjaga agar tingkat inflasi domestik terkendali. Bullard bukan merupakan anggota voting pada panel kebijakan the Fed tahun ini, namun ia ambil bagian pada diskusi kebijakan pertemuan the Fed di Washington. Ia tidak akan menjadi anggota voting hingga tahun 2016.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar