Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Bundesbank: Depresiasi Euro Membantu Ekonomi Jerman

Senin, 16 Februari 2015 18:38 WIB
Dibaca 499

Monexnews - Laju ekonomi Jerman telah bergeser ke jalur yang lebih cepat dari harapan sebelumnya berkat depresiasi Euro, yang membantu mempercerah prospek perekonomian terbesar di Eropa, menurut Bundesbank dalam buletin bulanan yang dirilis hari Senin.

"Ekonomi Jerman akan terus memperoleh keuntungan dari akselerasi pada tahun berjalan. Dalam jangka pendek, konsumsi swasta akan menjadi faktor pendorong utama," kata bank sentral Jerman. Eksportir juga akan diuntungkan oleh pelemahan Euro, yang telah merosot tajam terhadap Dollar AS dalam beberapa bulan terakhir.

Jerman hampir mengalami stagnasi sepanjang musim semi dan musim panas lalu, seiring terpukulnya sentimen bisnis oleh kekhawatiran atas konflik di Rusia dan Ukraina. Namun hal itu mampu teredam oleh penurunan harga minyak mentah dunia, mengingat Jerman yang mengimpor banyak energi. Sementara pelemahan Euro membuat ekspor menjadi lebih murah di pasar global.

Komentar optimis Bundesbank itu dilontarkan setelah data lembaga statistik resmi Jerman Destatis pada pekan lalu menunjukkan ekonomi tumbuh sebesar 0,7% di kuartal terakhir tahun 2014, atau tumbuh dengan kecepatan tahunan 2,8%. Destatis juga mengatakan jika ekonomi tumbuh sebesar 1,6% secara keseluruhan di tahun lalu, 1/10 persentase poin lebih tinggi dibandingkan proyeksi pada bulan Januari. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar