Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Bundesbank: GDP Jerman Mungkin Akan Flat di Kuartal Kedua

Senin, 21 Juli 2014 20:37 WIB
Dibaca 487

Monexnews - Gross Domestic Product Jerman mungkin akan tertahan di kuartal kedua seiring kecemasan geopolitik menekan output industri dan sektor konstruksi melemah setelah booming yang disebabkan faktor cuaca pada kuartal pertama tahun ini, menurut Bundesbank pada hari Senin. Peringatan tersebut, yang terdapat pada bulletin bulanan bank sentral, merupakan indikasi bahwa zona euro akan kesulitan untuk meningkatkan laju pertumbuhan kuartal pertama yang lambat. Jerman mencakup sekitar 30% dari GDP zona euro. Pada kuartal pertama, GDP zona euro berekspansi hanya pada laju tahunan sebesar 0.8%, atau 0.2% dalam level kuartalan, kendati laju pertumbuhan tahunan Jerman mencapai 3.3%. Jika bukan karena pertumbuhan Jerman, negara lain di zona euro akan sedikit berkontraksi di kuartal pertama.

"Mengingat sektor jasa diperkirakan akan terus berekspansi, tingkat gross domestic product (di Jerman) mungkin akan sama seperti kuartal pertama," ucap Bundesbank. "Ketegangan geopolitik tidak hanya mempengaruhi survey indikator masa depan, namun juga mengikis permintaan barang sementara."  Agensi statistik Jerman diperkirakan akan merilis GDP kuartal kedua pada tanggal 14 Agustus. Laporan Bundesbank tidak memberikan estimasi untuk pertumbuhan di semester kedua tahun ini.

Berdasarkan data bulan April dan Mei, tingkat produksi pabrik dan konstruksi telah turun dibandingkan dengan kuartal pertama. Meski ada sejumlah peringatan yang mungkin telah melebih-lebihkan pelemahan ini. Sejumlah kenaikan pada sektor konstruksi akibat cuaca musim dingin kemungkinan berasal dari aktivitas di musim semi. Tambahannya, banyak pekerja di Jerman yang mengambil libur panjang pasca hari libur tengah pekan pada kuartal kedua, yang mengakibatkan jumlah hari kerja semakin sedikit, ucap Bundesbank.

Hingga hari ini, Bundesbank memperkirakan perekonomian Jerman bertumbuh sebesar 1.9% tahun ini, naik dari 1.7% di bulan Desember lalu. Di bulan Maret lalu, Bundesbank mengatakan laju pertumbuhan kuartal kedua tahun ini akan berada cukup jauh di bawah kuartal pertama. Negara besar anggota zona euro lainnya seperti Perancis dan Italia nampaknya tidak dapat menutupi kemunduran GDP Jerman pada kuartal kedua. Tingkat produksi industri Perancis turun di bulan April dan Mei pada tingkat bulanan, sementara di produksi industri Italia turun tajam sebesar 1.2% di bulan Mei.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar