Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Bundesbank: Krisis Global Perkeruh Outlook Jerman

Senin, 18 Agustus 2014 17:54 WIB
Dibaca 485

Monexnews - Bundesbank dari Jerman telah memperingatkan bahwa ketegangan global seperti krisis di Ukraina menekan outlook negara perekonomian terbesar di Eropa, menempatkan asumsi sebelumnya terhadap kuatnya laju pertumbuhan dalam resiko. Bank sentral Jerman pada hari Senin mengatakan bahwa sanksi oleh pihak Barat terhadap Rusia, bersama dengan kebijakan balasan dari Rusia, melukai ketergantungan perusahaan terhadap ekspor dan juga bagian dari perekonomian domestik seperti sektor konstruksi. 

Komentar tersebut dirilis beberapa hari setelah kantor statistik Jerman melaporkan bahwa perekonomian berkontraksi sebesar 0.2% di kuartal kedua tahun ini dibandingkan dengan kuartal pertama. Penurunan di luar dugaan ini telah menguatkan kecemasan bahwa krisis global, terutama di Ukraina dan konflik di Timur Tengah, telah mengacaukan prospek pertumbuhan Jerman tahun ini dan juga negara Eropa lainnya. Perekonomian zona euro stagnan di kuartal kedua, mengindikasikan pemulihan yang lambat pada zona euro kehilangan momentum meski setelah Spanyol dan negara kecil lainnya terus pulih. Sementara sebelumnya banyak yang memperkirakan Jerman untuk bertumbuh sekitar 2% tahun ini, banyak yang telah memangkas proyeksi tersebut menjadi hingga 1.5%.
"Sejumlah data ekonomi terkait lingkungan internasional telah memperburuk outlook perekonomian Jerman di semester kedua tahun ini," menurut buletin bulanan Bundesbank. "Indikator saat ini menimbulkan keraguan pada asumsi yang menjadi dasr proyeksi di musim semi lalu, yaitu bahwa trend musiman saat ini akan terus menguat pada semester kedua tahun 2014," menurut Bundesbank. "Fakta bahwa tingkat pesanan berkurang pada kuartal kedua dan ekspektasi tingkat ekspor telah turun menandakan bahwa sektor industri akan terkena pukulan telak oleh faktor eksternal," ucap Bundesbank.
"Penilaian kami saat ini adalah pertumbuhan tahun ini mungkin akan berada tipis di bawah yang kami perkiraan pada proyeksi di bulan Juni lalu," ucap Jens Weidmann Presiden Bundesbank. Meski demikian, bank sentral pada hari Senin mengatakan bahwa perekonomian Jerman masih sehat secara fundamental yang bersiap menuju pertumbuhan pada masa mendatang. Ekspektasi sebelumnya terlalu tinggi sementara permintaan domestik sedang bertumbuh melawan arah siklus. ucap Bundesbank.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar