Rabu, 13 Desember 2017

world-economy  World Economy

Program OMT Dinilai Nodai Independensi ECB

Jumat, 26 April 2013 15:10 WIB
Dibaca 761

Monexnews - Kebijakan pembelian obligasi negara-negara bermasalah oleh Bank Sentral Eropa (ECB) menuai kritik dari otoritas moneter Jerman. Program Outright Monetary Transactions (OMT) yang diluncurkan September lalu itu dinilai menodai independensi bank sentral.

Seperti dilansir oleh media Jerman, Handelsblatt, Bank Sentral Jerman tidak sepakat dengan formula kebijakan dalam OMT. Dalam laporan setebal 29 halaman yang dipersiapkan untuk Mahkamah Konstitusi, Bundesbank memperingatkan akan terjadinya penurunan citra ECB di mata dunia karena terlalu sibuk mengurusi area privat suatu negara. 

OMT dirilis sebagai formula untuk menghindarkan zona Euro dari perpecahan. ECB berperan sebagai kreditur yang menyuntik dana via pembelian obligasi negara-negara dengan masalah fiskal. Langkah tersebut sukses mengurangi bunga pinjaman yang diemban oleh negara-negara penghutang namun kurang disambut baik oleh Jerman. 

Menurut Kepala Bank Sentral Jerman, Jens Weidmann, apa yang dilakukan oleh ECB sama dengan mendanai pemerintah dengan cara mencetak uang kertas. Hal itu merupakan penyimpangan dari nilai-nilai wewenang ECB. Weidmann sendiri adalah satu-satunya anggota dewan ECB yang menentang keras wacana OMT tahun lalu.

Mahkamah Konstitusi Jerman akan mengevaluasi pemberlakuan OMT pada bulan Juni mendatang. Dalam laporannya, Bundesbank menyatakan pembelian obligasi oleh ECB dapat mengurangi komitmen pemerintah untuk melakukan reformasi fiskal dan moneter.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar