Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Bundesbank Mengkritik Langkah Stimulus ECB

Selasa, 7 Oktober 2014 22:15 WIB
Dibaca 674

Monexnews - Presiden Bundesbank Jerman, Jens Weidmann, mengkritik keputusan European Central Bank untuk membeli obligasi sektor swasta dan mengisyaratkan akan menentang pembelian obligasi pemerintah, yang menyoroti keengganan Jerman dalam mendukung langkah-langkah stimulus tambahan guna mengatasi pelemahan ekonomi zona Euro

Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Weidmann menampik desakan IMF dan ECB yang menghendaki Jerman melakukan pemangkasan pajak atau meningkatkan pengeluaran publik di tengah bertambahnya tanda-tanda jika ekonomi terbesar Eropa mulai terseret oleh perlambatan di kawasan. Weidmann justru mendesak Komisi Eropa untuk mempertimbangkan menolak anggaran Perancis tahun 2015 yang dinilai telah melampaui target defisit yang diperbolehkan oleh Uni Eropa.

Weidmann menambahkan jika dirinya masih berpegang pada prinsip-prinsip konservatif yang telah dipertahankan Bundesbank sepanjang hampir 60 tahun sejarahnya yaitu menjaga inflasi tetap rendah, melindungi neraca bank sentral dari resiko dan pemisahan kebutuhan finansial pemerintah.

Sikap hati-hati Bundesbank kontras dengan langkah terbaru ECB yang berupaya meyakinkan investor bahwa mereka akan bertindak tegas untuk meningkatkan aliran uang ke dalam perekonomian, dan berpotensi meningkatkan keraguan tentang kemampuan bank sentral dalam meluncurkan langkah-langkah yang lebih agresif jika diperlukan. Hal itu juga mengekspos adanya perpecahan mendalam di blok Euro, dengan negara-negara seperti Perancis dan Italia menyerukan lebih banyak fleksibilitas sementara Jerman bersikeras dengan kekakuan fiskal. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar