Rabu, 22 November 2017

world-economy  World Economy

Bunga Kredit Turun, Cicilan Rumah di AS Makin Terjangkau

Jumat, 4 Juli 2014 12:50 WIB
Dibaca 685

Monexnews -  Pasar hunian di Amerika Serikat mulai membentuk keseimbangan barunya di tahun 2014. Di tengah upaya pemulihan ekonomi domestik, bunga kredit rumah konsisten menurun.

Pekan ini, bunga kredit rumah di Amerika Serikat tembus level rendah 4.12% untuk pinjaman tetap (fixed rate) tenor 30 tahun. Bunga kredit sebesar itu hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan rekor bulan Oktober 2013 yang sebesar 4.10%. Sementata bunga kredit untuk periode 15 tahun masih tetap sama di 3.2%.

Penurunan bunga kredit tersebut cukup mengejutkan pengamat ekonomi karena logikanya bunga pinjaman rumah ikut naik sejalan dengan pengetatan moneter pemerintah. Namun setelah Federal Reserve Bank mengurangi pembelian obligasi dan portofolio mortgage bulan Desember lalu, bunga kredit hunian belum juga terkerek naik. Dalam hal ini, calon pembeli rumah diuntungkan oleh anomali di pasar kredit karena cicilan mereka jadi lebih irit.

"Semakin mengejutkan karena pertumbuhan ekonomi sedang berjalan baik dan inflasi sedikit meningkat," ujar Keith Gumbinger, Vice President HSH, sebuah lembaga riset perumahan. Oleh karena itu, pembeli disarankan untuk membeli rumah sekarang dan memanfaatkan penurunan fixed rate. Ilustrasinya, jika calon pembeli mendapat kredit $200.000 dengan asumsi bunga terkini di kisaran 4%, maka ia hanya harus membayar cicilan $955 per bulannya. Jumlah itu lebih terjangkau dibandingkan jika pembeli mengajukan kredit di saat bunga sedang berada di level 5% atau 6%, karena ia harus menanggung cicilan sebesar $1.073 dan $1.200 per bulan.

Hasil data terbaru memperlihatkan bahwa pasar hunian Amerika semakin kondusif di tahun 2014. Di bulan Mei kemarin, angka penjualan rumah 'second hand' naik hampir 5% dan penjualan rumah baru melonjak 19%. Artinya, pihak pembeli benar-benar memanfaatkan fasilitas bunga murah untuk membeli hunian idamannya. Tidak ada pihak yang bisa memastikan kapan suku bunga perumahan akan mengikuti kodratnya, naik sesua dengan pola kebijakan moneter yang diberlakukan bank sentral. Namun sampai saat itu tiba, warga Amerika bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan rumah dengan bunga lebih ringan.  

   (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar