Minggu, 26 Maret 2017

world-economy  World Economy

Cadangan Devisa China Melonjak Ke Level Tertinggi Sejak tahun 2011

Selasa, 15 Oktober 2013 11:47 WIB
Dibaca 842

Monexnews -

Cadangan devisa China naik pada kuartal terakhir ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun, sebuah tanda bahwa upaya pemerintah China untuk melindungi pertumbuhan di negaranya telah menarik uang ke dalam negeri walapun arus modal di negara berkembang mulai dari India sampai Indonesia terlihat berjalan keluar.

Cadangan China mencapai rekor tertingginya di level $3.66 triliun pada akhir bulan September, People’s Bank of China mengatakan kemarin di Beijing, naik dari $3.5 triliun di bulan Juni. Proyeksi median dari tujuh ekonom sebelumnya menyerukan kenaikan menjadi $3.52 triliun dalam survey Bloomberg.

Data tersebut menunjukkan upaya Perdana Menteri Li Keqiang untuk meningkatkan ekspansi telah memicu masuk arus modal,  sementara pasar berkembang menderita dengan keluarnya arus modal atas kekhawatiran Federal Reserve AS akan memangkas stimulus moneter. Mata uang yuan menguat ke level tertinggi setidaknya dalam lima kuartal terakhir di periode bulan Juli – September, mengisyaratkan bank sentral akan melakukan intervensi untuk perlambat penguatan dalam mata uang.

“Data pada cadangan devisa mungkin mencerminkan status China sebagai safe haven dan menunjukkan hot money datang ke negara aman selama periode bergejolaknya pasar,” kata Timothy Condon, kepala analis di ING Groep di Singapura.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar