Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Cadangan Devisa Korsel Optimiskan Investor

Rabu, 4 September 2013 13:47 WIB
Dibaca 403

Monexnews - Di akhir perdagangan hari Rabu (4/9), lantai bursa Korea Selatan berhasil memulihkan keadaan dengan membatasi keterpurukan sehingga akhirnya mampu mencatat pelemahan tipis di sesi perdagangan tengah pekan ini.

Pulihnya indeks terutama berkat optimisme kalangan investor terkait membaiknya data-data ekonomi fundamental dari domestik maupun global. Indeks KospiKorsel mampu membatasi koreksi lebih dalam setelah bank sentral Korea Selatan (BOK) hari ini merilis data cadangan devisa (forex reserves) yang mengalami peningkatan hingga ke rekor tinggi di bulan Agustus lalu.

Kuatnya cadangan devisa tersebut akan memberikan pagar perlindungan tambahan sebagai antisipasi terhadap potensi guncangan akibat dampak dari pengurangan stimulus AS yang akan terjadi dalam waktu dekat. Hingga akhir Agutus lalu, cadangan valuta asing Korea Selatan mencatat kenaikkan hingga $331.09 miliar dibanding bulan sebelumnya pada angka $329.71 miliar.  

Selain itu, berlanjutnya sinyal atas perbaikan sektor manufaktur global, turut menopang sentimen di bursa untuk mengambil posisi di sejumlah aset ekuitas. Data manufaktur yang positif dari Eropa di awal pekan turut mendongkrak sentimen regional. Angka manufaktur purchasing manager’s index (PMI) di kawasn Euro melonjak ke level 51.4 di bulan Agustus dari 50,3 pada bulan Juli. Level di atas angka 50 menunjukkan ekspansi aktivitas dikalangan pabrikan. Sementara dari masing-masing negara, aktivitas manufaktur dari kedua negara Jerman dan Italia juga sama-sama kuat.

Data manufaktur Eropa tersebut bila dikombinasi dengan gambaran yang optimis dari China, akan menambah antusiasme kalanga pelaku pasar untuk mengoleksi aset-aset ekuitas di bursa saham. Ekspektasi tersebut tergambar setelah data PMI versi pemerintah China mengalami kenaikkan hingga ke level tinggi dalam 16 bulan terakhir. Sehingga hal itu turut menambah gambaran atas stabilitas di negeri terbesar di Asia dan otomatis memperkuat jaringan pasar di kawsan regional.

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar