Rabu, 13 Desember 2017

world-economy  World Economy

Cadangan Devisa RI Berkurang karena Dipakai Bayar Hutang dan Bentengi Rupiah

Jumat, 5 Juni 2015 17:29 WIB
Dibaca 22344

Monexnews - Jumlah cadangan devisa Republik Indonesia bulan Mei menurun dibandingkan posisi devisa bulan April 2015. Sampai dengan akhir bulan lalu, posisi cadangan devisa tercatat sebesar US$ 110,77 miliar atau lebih rendah US$ 96 juta dibandingkan posisi devisa April yang sebesar US$ 110,87 miliar.

Dalam siaran persnya kepada media beberapa saat lalu, Bank Indonesia sebagai penerbit laporan menyebut penurunan itu disebabkan oleh bertambahnya konsumsi devisa untuk pembayaran hutang luar negeri pemerintah. Selain itu, devisa juga tergerus akibat intervensi pasar uang sebagai bagian upaya stabilisasi nilai tukar Rupiah.

Otoritas mengklaim tata kelola devisa sudah optimal karena dibarengi dengan penerbitan sukuk global. Raihan modal dari penjualan sukuk mampu menjaga postur devisa RI di bulan Mei 2015. Jika dikalkulasi, devisa saat ini masih cukup membiayai 7,1 bulan impor atau 6,8 bulan impor plus pembayaran hutang luar negeri pemerintah. Angkanya juga jauh di atas standar kecukupan internasional yaitu minimal untuk 3 bulan impor. Bank sentral menegaskan cadangan devisa RI tersebut dapat mendukung ketahanan eksternal dan menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar