Selasa, 19 Desember 2017

world-economy  World Economy

CEO Goldman: Amerika Semakin Lebih Baik

Rabu, 13 Februari 2013 10:55 WIB
Dibaca 674

Monexnews - Kebijakan moneter longgar yang diambil oleh pemerintah dan bank sentral Amerika Serikat sedikit banyak mulai membuahkan hasil. Iklim suku bunga rendah merupakan motor yang mampu meningkatkan kinerja manufaktur dan menciptakan lapangan kerja baru. Kondisi sektor perumahan juga ikut berangsur membaik belakangan ini, akan tetapi Amerika masih membutuhkan kebijakan yang bisa menjaga momentum tanpa harus meredam laju ekonomi.

Demikian pendapat CEO Goldman Sachs, Lloyd Blankfein, kepada CNBC beberapa saat lalu. "Banyak orang hanya mengantisipasi skenario buruk tanpa menyadari bahwa situasi bisa saja berangsur membaik seperti sekarang," ujarnya. Blankfein merujuk pada kinerja indeks saham yang saat ini tengah merapat ke level terbaiknya sepanjang masa. Fakta ini dirasa cukup untuk menggambarkan optimisme ekonomi di tanah Amerika.

Komentar bankir ulung ini muncul setelah perusahaannya memberi rekomendasi 'netral' bagi saham global untuk jangka pendek. Goldman menilai pelak pasar harus lebih dahulu mencerna trend penguatan saat ini dan tidak terbawa arus minat berisiko. Namun dalam proyeksi 12 bulannya, Goldman tetap memberi rating 'overweight' bagi ekuitas global. Blankfein memuji upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah hutang dan defisitnya, walau tetap mengakui pekerjaan berat belum berakhir. Optimalisasi pemasukan sebesar $2,6 triliun via kenaikan pajak dan kebijakan ketat masih di bawah target yang diperkirakan banyak kalangan, yakni sebesar $4 triliun.

Di luar Amerika, kondisi ekonomi Eropa juga masih belum pasti hingga awal tahun ini. Oleh karena itu pelaku bisnis harus labih cermat dalam melaksanakan ekspansi. Aksi bisnis yang paling aman dilakukan oleh institusi sektor investasi dan perbankan menurut Blankfein adalah dengan memprakarsai merjer. "Di tengah iklim suku bunga rendah dan kinerja saham yang bagus saya melihat aktivitas bisnis seharusnya lebih ramai dibanding sekarang ini," tambahnya. Begitu kepastian soal pajak dan pemangkasan anggaran negara terlihat maka merjer bisnis bisa kembali pulih. "Pada akhirnya saya yakin kalau pasar keuangan akan menemukan jati dirinya sendiri. Banyak hal terjadi di luar dan orang tidak mengerti bagaimana menyikapinya," analisa Blankfein. Terkait soal prospek bisnis perusahaannya, sang CEO mengakui bahwa pihaknya gembir dengan iklim ekonomi dan investasi sekarang ini. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar