Senin, 18 Desember 2017

world-economy  World Economy

CEO Pimco: Jangan Berharap Return Besar

Kamis, 28 Februari 2013 11:39 WIB
Dibaca 473

Monexnews - Pendiri perusahaan pengelola investasi PIMCO, Bill Gross, dalam tulisan bulanannya menyarankan para investor untuk membiasakan diri dengan iklim return rendah. Menurutnya, pasar keuangan sedang memasuki periode 'kesadaran rasional' dan sulit untuk berharap adanya tawaran imbal hasil menarik dari aset saham maupun obligasi.

Kredit korporasi dan bunga obligasi tinggi selama ini terbentuk oleh mekanisme harga yang tidak rasional. "Namun bukan berarti anda harus menarik seluruh uang anda dari sana," timpal Gross. Ia hanya menekankan semua pihak harus bersiap menerima return kecil 3% dan 4% ketimbang berharap bunga modal di atas 10% seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dalam pernyataannya, pakar investasi ini juga mengutip ucapan mantan Gubernur Federal Reserve yang terkenal, "bagaimana kita mengetahui kalau nilai aset naik karena sebab yang tidak logis?". Untuk menjawabnya, CEO PIMCO merujuk pada kondisi yang terjadi pada saat booming teknologi melanda Amerika atau krisis finansial yang menerpa di tahun 2008. "Dari skala 1 sampai 10, kadar irasional dalam pergerakan aset saat ini saya beri nilai 6 dan semakin naik," ujarnya.

Dalam tulisannya di bulan Februari, apa yang dipaparkan oleh Gross tidak se-menakutkan apa yang ditulis pada bulan Januari. Bulan lalu ia memperingatkan pelaku pasar akan bahaya inflasi dan potensi banjir pinjaman murah di pasar keuangan. "Tetaplah rasional, optimis dan tinjau kembali kondisi saat ini. Bandingkan dengan kondisi yang pernah terjadi di masa lampau dan hasilnya bisa jadi sama persis," sarannya. Di akhir surat yang ditujukan kepada nasabahnya itu, Gross menegaskan bahwa pasar saham dan obligasi masih layak diinvestasikan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar