Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

CEO UBS: Minat Berisiko sedang Sangat Rendah

Selasa, 5 Februari 2013 16:51 WIB
Dibaca 624

Monexnews - CEO UBS, Sergio Ernotti, mengeluhkan minimnya minat investor terhadap aset investasi berisiko dalam beberapa waktu terakhir. Kini UBS memfokuskan bisnisnya pada manajemen dana kelolaan nasabah dan mengevaluasi efektivitas trading, dengan menutup bisnis investasi pendapatan tetapnya.

"Selera risiko nasabah sangat rendah, begitu pula dengan marjin suku bunga," ujar Ernotti. Sang CEO mengaku masih harus mencermati aktivitas nasabah sebelum menentukan langkah berikutnya. Sentimen terbesar yang mempengaruhi minat investasi pemilik modal terpusat pada kondisi politik ekonomi di beberapa negara maju, misalnya soal isu jurang fiskal Amerika Serikat di penghujung 2012. Jika tahun ini muncul isu-isu sejenis, maka marjin keuntungan usaha UBS diprediksi menyusut signifikan.

Secara internal, Ernotti mengklaim pihaknya sudah belajar banyak dari kasus skandal Libor tahun 2012. Akibat masalah itu, perseroan terpaksa merogoh $1,5 miliar untuk membayar denda yang ditetapkan oleh otoritas keuangan. UBS menjamin tidak akan muncul lagi masalah sejenis di masa depan karena pihak direksi telah mengevaluasi kinerja dan standar operasional. UBS baru saja membukukan kerugian 1.9 miliar Franc Swiss atau setara $2 miliar di kuartal IV 2012 atau jauh dibandingkan performa tahun sebelumnya. Di 2011, institusi perbankan ini sukses meraup laba 323 juta Franc dari berbagai lini bisnisnya.

"Anda harus berhadapan dengan masalah baru yang melanda sektor keuangan, oleh karena itu kami ingin memastikan bahwa brankas modal kami cukup kuat," tegas Ernotti. UBS telah memperkuat rasio modal sesuai substansi Basel III, di sekitar 9,8% di akhir tahun ini. "Kami akan mempunyai kebijakan dividen progresif tahun ini," tutup Ernotti.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar