Rabu, 18 Oktober 2017

world-economy  World Economy

China Bidik Pertumbuhan Ekonomi di 7,5%

Selasa, 5 Maret 2013 11:31 WIB
Dibaca 526

Monexnews - Pemerintah China hari in mengumumkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5% untuk tahun 2013. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Beijing siap mengucurkan dana belanja fiskal dalam jumlah besar.

Sikap pemerintah itu disampaikan oleh Perdana Menteri Wen Jiabao dalam pidatonya jelang pembukaan event pertemuan parlemen tahunan. Wen menegaskan negaranya menetapkan target defisit fiskal 2013 sebesar 1,2 triliun Yuan ($192,8 miliar) atau setara 2,0% dari total produk domestik bruto (GDP). Target defisit tahun ini lebih besar dibandingkan catatan defisit 2012 yang nilainya sebesar 1,6% dari GDP di angka 850 miliar Yuan.

Pada paruh ke-dua tahun lalu, pemerintah menggelontorkan dana belanja infrastruktur sekitar $150 miliar untuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur penting di berbagai wilayah. Inisiatif stimulus itu mampu memperbaiki rapor pertumbuhan ekonomi tahunan menjadi 7,8% atau di atas target 7,5%. Belanja untuk rel transportasi berperan besar dalam pencapaian target ekonomi China dalam beberapa tahun terakhir. Beijing bahkan dikabarkan siap menambah jalur rel baru sepanjang 5200 km tahun ini, sesuai dengan isi dokumen yang dirilis oleh National Development and Reform Commission (NDRC).

Program penggalangan dana segar siap diresmikan oleh Kementerian Keuangan, antara lain melalui penambahan kuota obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah dari 250 miliar Yuan (2012) menjadi 350 miliar Yuan. Pihak pusat juga akan memperketat aturan surat hutang daerah dan meminimalisasi kemungkinan aktivitas pendanaan yang tidak wajar. Pasalnya total hutang pemda sudah menggelembung hingga 10,7 triliun Yuan sampai akhir tahun 2010. Sejak krisis keuangan 2008 berlangsung, pemerintah-pemerintah lokal beramai-ramai menggalang pandanaan untuk membangun infrastruktur dan mengadakan program pemulihan ekonomi lainnya.

Salah satu hal yang paling mencolok dari paparan anggaran pemerintah untuk tahun 2013 ini adalah penambahan dana belanja militer sebanyak 10,7% menjadi 740,6 miliar Yuan. Sedangkan dana keamanan dalam negeri dipastikan naik 8,7% menjadi 768,1 miliar Yuan atau lebih besar dibandingkan anggaran pertahanan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar