Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

China Bukan Lagi Pasar Smartphone Potensial

Senin, 11 Mei 2015 10:45 WIB
Dibaca 4262

Monexnews - Selama dua tahun terakhir, China didapuk sebagai pasar ponsel terbesar dunia. Tetapi klaim itu sepertinya tidak akan bertahan lama karena jumlah permintaan smartphone berkurang di awal tahun 2015.

Menurut laporan Wall Street Journal, pangsa pasar China tidak memiliki banyak ruang untuk berkembang lagi karena permintaan ponsel cerdas dari warganya mulai jenuh. Jumlah smartphone yang dikirimkan ke China turun 4,3% di kuartal I 2015 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penurunan ini merupakan yang pertama kali terjadi dalam 6 tahun terakhir, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh International Data Corp. Survei terpisah memang menunjukkan pasar smartphone masih berkembang, tetapi laju pertumbuhannya lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Analis teknologi mengklaim penurunan itu terjadi karena berkurangnnya pengguna ponsel pertama. Kini produk smartphone memiliki rata-rata penetrasi kurang dari 90% di Tiongkok atau artinya, semua orang yang membutuhkan smartphone kini sudah benar-benar memilikinya.

Oleh karena itulah, pihak produsen sekarang harus lebih lihai dalam memasarkan produknya dengan mengincar pembeli konsumtif, yang suka berganti handphone setidaknya selama 2 tahun sekali. Biasanya mereka membeli handphone jika melihat ada produk yang lebih inovatif meski smartphone lamanya belum rusak. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar