Rabu, 22 November 2017

world-economy  World Economy

China: Pemerintah Daerah Boleh Terbitkan Obligasi

Kamis, 8 September 2011 11:27 WIB
Dibaca 549

Monexnews - China memulai sebuah pilot program yang membolehkan pemerintah daerah menjual obligasi secara langsung. Seperti diungkapkan sumber di bank sentral China kepada Financial News, langkah tersebut diambil guna mengikis rasio hutang daerah yang makin membengkak. Khususnya beban pinjaman dari stimulus 4 triliun yuan yang diberikan oleh pusat sepanjang krisis global beberapa tahun silam.

Program ini akan membuka akses bagi pemerintah daerah untuk mencari dana untuk pembangunan infrastruktur. Penerbitan surat hutang diperbolehkan atas restu dari bank sentral terlebih dahulu. Beberapa provinsi, sperti Zhejiang, Guangdong dan Shandong siap melaksanakan uji coba ini.

Mengacu pada Hukum Anggaran China, pemerintah daerah tidak boleh menerbitkan surat hutang sendiri. Namun aturan diperbarui melalui program ekonomi 2009 lalu. Daerah dipersilakan meluncurkan surat hutang, tetapi pelaksanaannya diwakili oleh kementerian keuangan atas nama daerah bersangkutan. Kementerian memberi talangan untuk pembayaran bunga obligasi yang sudah jatuh tempo kepada investor. Kemudian otoritas daerah nantinya melunasi beban tersebut kepada kementerian.

Kini situasinya berbeda karena pemerintah lokal bisa berinisiatif untuk menerbitkan obligasi. Selama bank sentral memberi persetujuan, maka pengumpulan dana bisa dilakukan. Strategi tersebut diambil China setelah mempertimbangkan total hutang pemerintah lokal yang sudah mencapai 10,7 triliun yuan akhir tahun lalu. Angka tersebut sama dengan 27% GDP China tahun 2010, beban yang cukup besar bagi negara yang sedang giat membangun.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar